Jakarta (ANTARA News) – Program Imagine Cup, kompetisi inovasi teknologi tahunan bertaraf internasional yang digagas Microsoft, Senin (19/4) mengumumkan 4 tim semi-finalis dari Indonesia.

Satu tim pemenang utama akan mewakili Indonesia untuk bertarung di ajang Imagine Cup 2011 tingkat global yang akan diselenggarakan di New York, Amerika Serikat, pada 8 hingga 13 Juli mendatang.

Imagine Cup diadakan sejak tahun 2003 dan telah secara aktif diikuti oleh kelompok-kelompok pemuda yang terdiri dari individu-individu kreatif dan inovatif yang berasal dari berbagai latar belakang dan disiplin ilmu.

Tahun ini, forum bergengsi ini mengangkat tema "Imagine A World Where Technology Helps Solve Toughest Problems".

"Program Imagine Cup 2011 yang menggugah kreativitas inovator-inovator muda Indonesia, sekali lagi menggaris bawahi kepedulian dan komitmen Microsoft untuk mewujudkan masyarakat yang berbasis ilmu pengetahuan, salah satunya adalah dengan mendukung segala upaya bagi pertumbuhan inovasi," kata Sutanto Hartono, Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia.

Pada kompetisi tahun 2011 ini, sebanyak 45 buah proposal konsep inovasi teknologi terdaftar sejak akhir Desember 2010. Panitia kemudian memilih 10 besar finalis yang harus mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri yang terdiri dari para praktisi di bidang teknologi informasi di Microsoft.

Kemudian dipilih 4 karya yang dianggap paling berpotensi untuk memberikan kontribusi positif dalam menjawab permasalahan dunia.  

Keempat semi-finalis tersebut adalah:

1. Tim Gatotkaca dengan judul project "Chilhood" dari Institut Teknologi Telkom dan Institut Teknologi Bandung,
2. Tim Eqlips dengan judul project "Corona" dari Institut Teknologi Telkom Bandung,
3. Tim DreamBender dengan judul project "EcoMarket" dari Institut Teknologi Telkom Bandung,
4. Tim Gadjah Mada dengan judul project "Agrion" dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Keempat finalis yang lolos akan memasuki tahap penjurian tingkat akhir pada 3 Mei 2011 di Balai Kartini, Jakarta.

Imagine Cup ditujukan untuk mendorong generasi muda mengimplementasikan imajinasi, hasrat, dan kreativitas dalam menciptakan inovasi teknologi yang dapat membawa perubahan positif bagi dunia.

Kegiatan ini mengedepankan kerjasama tim yang kuat dalam mengembangkan berbagai ide menjadi satu inovasi yang mutakhir namun tetap sederhana untuk diaplikasikan. Melalui proses penjurian ketat dan waktu terbatas, peserta dipacu berkolaborasi, berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah.

Selain kategori "software design", kompetisi Imagine Cup di tingkat internasional juga terbuka untuk empat kategori lain, yaitu: Embedded Development, yang fokus pada teknologi yang membantu aktivitas manusia sehari-hari; Game Design, yaitu mendesain game 2D atau 3D; Digital Media, yaitu penggunaan teknologi video dan Internet untuk menyebarluaskan pesan serta menjawab tantangan secara audio visual; dan yang terakhir adalah Windows Phone 7, yaitu penciptaan aplikasi pada platform mobile.

(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011