Kendari (ANTARA News) - Ketua DPP Partai Demokrat, Andi Nurpati, mengatakan penentuan calon kepala daerah dari partainya akan dilakukan berdasarkan hasil survei.

"Elektabilitas calon sangat mempengaruhi dalam penentuan calon kepala daerah, sehingga hal ini akan menjadi dasar utama dalam penentuan calon," kata Andi di Kendari, Minggu.

Ia mengatakan, selama ini, penentuan calon di Demokrat tidak berdasarkan hasil survei, sehingga paradigma itu kemudian diubah, dengan demikian, Partai Demokrat membuka keran seluas-luasnya siapa saja yang ingin maju pilkada melalui pintu Demokrat.

"Apakah itu adalah kader partai atau bukan, kita beri kesempatan siapapun dia asalkan melamar di pintu Demokrat, karena pada akhirnya kita akan melihat siapa yang tertinggi elektabilitasnya, karena kita mendukung dan mendorong calon yang bisa menang dan mendapat penerimaan tinggi di masyarakat," ujarnya.

Ia menjelaskan, meskipun mendukung dan mengusung calon yang memiliki elektabilitas cukup tinggi, tetapi Demokrat juga mengaku tidak ingin berjalan sendiri, sehingga membutuhkan dan membuka peluang untuk berkoalisi dengan partai lain dalam memenangkan suatu calon kepala daerah.

Menurutnya, dalam menentukan calon pihaknya memiliki dua lembaga survei yang akan menjadi dasar, yang pertama adalah survei intern tim survei intern partai dan yang kedua adalah salah satu lembaga survei independen yang selama ini sudah dibuktikan keakuratannya dalam melakukan survei.

"Namun demikian, kita tetap juga mempertimbangkan masukan dari kepengurusan partai tingkat bawah, karena calon yang akan ditetapkan itu atas keputusan tim yang dibentuk bersama, sehingga calon yang dilahirkan itu memiliki legalitas dukungan kuat secara moral dari semua kader partai," kata dia.(*)
(T.A056/Z003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011