Sesuai permintaan Presiden, Master Plan ini harus selesai paling lambat minggu depan
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah akan menyusun rencana induk infrastruktur di wilayah ibukota Jakarta dan sekitarnya dan segera melaksanakannya.

"Kita sepakati membuat master plan (rencana induk) berdasar Keputusan Menteri (Menko Perekonomian) dan segera didorong realisasi pembangunannya oleh Menteri PU dan Gubernur," kata Menteri Perhubungan Freddy Numberi usai rapat koordinasi di Jakarta, Rabu.

Ia menyebutkan, berbagai proyek infrastruktur di wilayah ibukota dan sekitarnya seperti angkutan massal (MRT), proyek jalur kereta api Manggarai-Bandara Soekarno-Hatta, dan dryport Cikarang yang terhubung dengan jalur kereta api, akan disinergikan dalam konteks transportasi terpadu.

"Sesuai permintaan Presiden, Master Plan ini harus selesai paling lambat minggu depan," kata Menhub.

Ia menyebutkan, masalah-masalah rinci seperti anggaran dan penanggung jawab akan dibahas dalam waktu dekat.

"Besok harus dibahas secara detil termasuk anggarannya, bagaimana tanggung jawab Pemerintah DKI Jakarta, pusat, dan investor," katanya.

Menurut dia, realisasi pembangunan infrastruktur itu nantinya akan banyak melibatkan BUMN, dan BUMN akan melibatkan investor lain melalui kerja sama.

Ia menyebutkan, hambatan pembangunan infrastruktur selama ini masih seputar penyediaan lahan.

"Untuk proyek kereta api Manggarai - Bandara Soekarno-Hatta diharapkan dapat direalisasikan 2015, diharapkan masalah penyediaan lahan dapat segera diselesaikan," katanya.

Selain Menhub, hadir dalam rapat koordinasi itu Menteri PU Djoko Kirmanto dan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011