Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Anas Urbanigrum memuji langkah Gerakan Aman Adil Sejahtera atau Garansi yang dinilai cermat dalam membaca persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

"Diskusi yang diselenggarakan Garansi dengan tema `Ekonomi Kerakyatan Tulang Punggung Peningkatan Kesejahteraan Rakyat` merupakan langkah tepat yang dapat mencerahkan masyarakat sekaligus membangun spirit dan motivasi untuk menjadi lebih baik," kata Anas ketika menutup rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Garansi, di Serang, Banten, Minggu.

Rakernas Garansi, salah satu organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang berafiliasi kepada Partai Demokrat, berlangsung selama tiga hari, Jumat (8/4) hingga Minggu (10/4), yang dihadiri pengurus Garansi dari seluruh daerah di Indonesia.

Anas sebelum menutup rapimnas juga memberikan materi pembekalan terhadap pengurus Garansi dari seluruh Indonesia.

"Rapimnas ini merupakan kesempatan berharga, karena pertemuan ini dapat mencerahkan dan memotivasi para pengurus Garansi untuk menularkan bekal yang telah diterimanya kepada rekan dan basis massa di daerahnya masing-masing," katanya.

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) ini menambahkan, pemilihan tema peningkatan kesejahteraan rakyat merupakan pilihan tema yang tepat dan implementatif.

Isu kerakyatan, kata dia, merupakan basis terpenting bagi rakyat, karena sesuai amanah konstitusi pembangunan yang dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

"Karena itu, pembangunan ekonomi harus berbasis kepada kekuatan rakyat," kata Anas yang menduduki jabatan Ketua Dewan Pembina Garansi.

Ketua Umum Garansi Gondo Radityo Gambiro mengatakan, Garansi tetap berkosentrasi pada program mendorong terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Radityo meyakini Garansi dengan kepengurusan anggota dari yang aktif di beberapa partai politik dapat mengedepankan aspirasi masyarakat Indonesia.

Salah satu Ketua DPP Partai Demokrat ini menegaskan, Garansi adalah Ormas dan tidak akan menjadi partai politik.

Rapimnas I Garansi dihadiri sekitar 200 orang perserta yakni pengurus Garansi dari seluruh Indonesia.

Selama tiga hari rapimnas, para peserta mendapat pembekalan berbagai materi dari sejumlah tokoh antara lain Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhamad, serta Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar.

Menurut Gambiro, pembekalan dari sejumlah menteri kabinet terebut sasarannya untuk menambah wawasan dan pengalaman, serta menjadi masukan dan menguatkan motivasi para peserta.

"Agenda paling utama pada Rapimnas I Garansi ini adalah diskusi dengan tema gerakan ekonomi kerakyatan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

Garansi adalah Ormas yang dibangun oleh Gondo Radityo Gambiro sejak tujuh tahun lalu.(*)

(T.R024/E005)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011