Jakarta (ANTARA) - Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan kondisi serta situasi ekonomi dan pandemi COVID-19 merupakan faktor utama dalam memprediksi tren penjualan kendaraan di tahun 2022.

"Ada beberapa faktor utama (jika bicara tentang tren 2022), yaitu ekonomi dan COVID-19. Dengan COVID yang bisa dikendalikan, dan juga (pertumbuhan) ekonomi semakin meningkat ini adalah faktor positif," kata Anton dalam jumpa pers pada Sabtu.

Baca juga: Perjalanan Toyota Gazoo Racing hingga hadir di Indonesia

Lebih lanjut, ia berharap di tahun mendatang tidak ada lagi gelombang-gelombang peningkatan kasus COVID-19 dan membuat kondisi pasar otomotif kembali menurun.

"Ada pula faktor lainnya yaitu kondisi supply. Kondisi produksi atau komponen ada beberapa yang terganggu, dan mudah-mudahan di tahun depan situasi akan lebih membaik baik dari sisi demand maupun supply-nya," ujar Anton menambahkan.

Pria yang menyelesaikan studinya di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu mengatakan, kondisi dan tren pasar otomotif pada tahun ini banyak terbantu dengan berbagai insentif dari pemerintah. Salah satunya adalah Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang ditujukan untuk mendongkrak minat beli masyarakat dan penjualan mobil.

"Tahun ini kita banyak dibantu dengam insentif PPnBM pemerintah, yang bagaimana dengan insentif ini di awal tahun depan mudah-mudahan ada perkembangan untuk dilanjutkan dan consider juga impact postif dari insentif ini terhadap industri otomotif dan bersama; baik itu dealership dan konsumen," papar Anton.

Ia pun cukup optimistis dengan penjualan dan pasar otomotif di tahun ini, mengingat animo masyarakat dan perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) juga ramai pengunjung.

"Animo masyarakat dan keberhasilan dari GIIAS, dan launching All-new Veloz dan Avanza menambah optimisme kami terhadap market," kata Anton.

"Mudah-mudahan di bulan Desember ini walaupun ada informasi kalau PPKM ada perubahan, kami cukup yakin bahwa dengan kondisi ekonomi dan COVID yang stabil, kami bisa memecahkan angka (penjualan) tersebut. So far, kami masih optimis," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Pemerintah dorong masyarakat manfaatkan insentif PPnBM

Baca juga: Aura racing yang kian kuat pada lima model Toyota GR Sport Indonesia

Baca juga: Bawa Minicab MiEV ke GIIAS, MMKSI pelajari peluang LCV listrik
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021