Jakarta (ANTARA News)  - Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di usianya yang genap 21 tahun ini memperingati hari lahir (Harlah) dengan tujuan untuk menjaga ukhuwah Islamiyah dan kemakmuran untuk Indonesia.

Ketua Umum Pimpinan Pusat IPHI Drs H Kurdi Mustofa, MM dalam acara peringatan hari lahir (Harlah) IPHI di Jakarta, Sabtu mengatakan, IPHI merupakan organisasi kebajikan yang bertujuan memelihara dan mengupayakan pelestarian haji mabrur guna meningkatkan partisipasi umat dalam pembangunan bangsa dan negara.

"Harlah IPHI pada 2011 ini diperingati dengan serangkaian kegiatan yang Insya Allah memberi manfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Ia mengharapkan, tema Harlah IPHI yang diusung saat ini, dapat menginspirasi, memotivasi, dan menggerakkan seluruh Haji di Indonesia untuk bangkit mengambil peran dalam upaya mewujudkan keutuhan bangsa dan mengulurkan tangan untuk meminimalisir dan kesenjangan sosial.

Harlah IPHI yang bertema "Kebangkitan Haji Untuk Ukhuwah dan Kemakmuran Indonesia" ini seluruh jajaran IPHI menjabarkan kegiatan peringatan Harlah ke-21 IPHI dalam bentuk istighosah, bakti sosial, gerak jalan sehat, syukuran, donor darah, penghijauan, dan kegiatan sosial keagamaan lainya yang dalam pelaksanaannya disesuaikan dengankondisi daerah masing-masing.

Kurdi Mustofa yang juga selaku Ketua Panitia Pelaksana Harlah ke-21 IPHI menambahkan, tujuan kegiatan itu untuk mensyukuri kembalinya para Haji dari Tanah Suci di 2010 dengan harapan agar mereka tetap dapat menjaga kemabruran hajinya, membangkitkan kesadaran dan motivasi para Haji agar mereka mampu berperan aktif dalam misi kebajikan dan pemberdayaan ummat, dan membangun karakter IPHI dalam kebersamaan menuju keutuhan dan kemakmuran Indonesia.

Pada kesempatan itu, ia memaparkan, khusus di tingkat pusat rangkaian IPHI adalah berupa istigotsah, syukuran Harlah dan sntunan kepada 100 anak yatim-piatu dan donor dara di Kantor Pusat IPHI Jakarta, yang sudah terlaksana pada 22-23 Maret 2011 lalu.

Dalam acara Harlah ke-21 IPHI hari ini juga diteruskan dengan seminar Penyempurnaan UU Haji No. 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Kegiatan lainnya, lanjut dia, ziarah dan kerja bhakti kebersihan Masjid dan Makam Pangeran Jayakarta, Jatinegara Kaum Jakarta Timur pada 29 Maret 2011 lalu.

Dalam acara Harlah ke-21 IPHI itu dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR yang membidangi Haji Hj Chairunnisa, Sekertaris Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Dr H Ali Rahmat, serta Pakar Ekonomi Syariah dari Universitas Hasanuddin Makasar Prof Dr Harlide, dan Pakar Ekonomi Syariah dari Universitas Trisakti Jakarta Prof Dr Sofyan Syafri Harahap.

Sementara Kegiatan IPHI yang akan dilaksanakan yakni gerak jalan sehat di Monas yang rencananya akan dilaksanakan pada 8 Mei tahun ini, penanaman pohon penghijauan di Pantai Muara Angke Jakarta Utara pada 5 April 2011. Selain itu ada pula kegiatan rekreatif yakni Tournament Golf VIII IPHI di Sentul Highlands Golf Club Bogor pada 24 April.

"Seluruh rangkaian kegiatan dalam memperingati Harlah IPHI ke-21 tersebut merupakan implementasi dari amanat Muktamar V IPHI tahun 2010 dalam program aksi yang dikemas dengan icon `Haji Sepanjang Hayat`," ujar Kurdi.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011