pandemi belum berakhir
Jakarta (ANTARA) -
Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 menyampaikan jumlah zona hijau dengan kepatuhan memakai masker di atas 90 persen, meningkat selama sepekan terakhir.
 
Sementara jumlah zona merah dengan kepatuhan penggunaan masker di bawah 60 persen menurun, padahal, 2-4 pekan sebelumnya jumlah zona merah sempat tinggi.
 
"Kondisi ini perlu terus ditingkatkan sebagai upaya bersama untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus. Perlu disadari semua pihak bahwa pandemi belum berakhir dan kepatuhan protokol kesehatan berkorelasi terhadap jumlah kasus," ujar Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanggulangan COVID-19 Sonny B. Harmadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Dalam dua pekan terakhir, lanjut dia, Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19 terus melakukan penebalan kekuatan duta perubahan perilaku di 12 provinsi yang cenderung mengalami penurunan kepatuhan.

Baca juga: Satgas: Kepatuhan prokes Jawa-Bali lebih baik dibandingkan lainnya
 
Hingga Desember mendatang, para duta perubahan perilaku diminta terus mengedukasi masyarakat tanpa kenal lelah.
 
"Diharapkan upaya ini menjadi tindakan nyata untuk menjaga kepatuhan protokol kesehatan di masyarakat dan mencegah terjadinya gelombang ketiga," ucap Sonny.
 
Saat ini tercatat 129.656 orang duta perubahan perilaku yang tersebar di 34 provinsi dan 436 kabupaten/kota se-Indonesia.
 
Para duta perubahan perilaku berasal dari latar belakang berbeda, seperti mahasiswa, tokoh agama, penyuluh KB, guru, Pramuka, organisasi kepemudaan, Satpol PP, dan sebagainya.
 
Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate berharap kepatuhan menjaga protokol kesehatan, terutama memakai masker yang harus terus ditingkatkan, terlebih ketika menghadapi libur Natal dan Tahun Baru.
 
"Menahan diri tidak bepergian untuk mengendalikan mobilitas dan tetap menjaga protokol kesehatan akan mencegah Indonesia mengalami gelombang ketiga COVID-19," kata Menkominfo.


#ingatpesanibu 
#sudahdivaksintetap3M 
#vaksinmelindungikitasemua 
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021