Bandung (ANTARA News) - Panitia Festival Film Bandung (FFB) 2011 menunda penilaian kategori untuk film pendek atau dikenal dengan film independen karena keterbatasan waktu.

"Film pendek belum masuk kategori penilaian pada FFB 2011 dan rencananya akan diikutsertakan pada FFB 2012. Film pendek atau indi merupakan potensi ke depan yang akan kami apresiasi dalam FFB," kata Ketua Panitia FFB, Eddy D. Iskandar, di Bandung, Kamis.

Sebelumnya, kata Eddy, panitia akan menyertakan penilaian terhadap film indi tersebut atas usulan dari Wagub Jawa Barat H Dede Yusuf. Panitia memberikan waktu dua minggu bagi peserta untuk memasukan film pendek karya mereka yang bertemakan dan berkarakter budaya Jawa Barat.

Namun demikian, FFB kemudian mengambil keputusan untuk menunda setahun untuk mempersiapkan penilaian dan memberi kesempatan bagi pembuat film pendek menghasilkan karya terbaik.

"Pertimbanganya dua minggu tak mungkin bagi mereka memproduksi film pendek sekalipun, dengan alasan untuk menjaga kualitas dan standar penilaian akhirnya kita putuskan ditunda untuk FFB 2012," kata Eddi.

Meski demikian, ia mengemukakan, respon dari peserta untuk menyertakan film pendek mereka dukup bagus. Eddy mengakui ada film pendek yang masuk ke panitia, namun masih perlu dibahas lagi sisi penilaian dan kriteria yang lebih pas untuk film jenis itu.

Selain akan memasukan film indi dalam kategori penilaian FFB 2012, Forum Film Bandung yang juga penggagas Festival Film Bandung akan mengupayakan agar film pendek atau indi mendapat kesempatan tayang di ruang publik. Salah satunya diusulkan ditayangkan di Gedung News Majestic Jalan Braga, Kota Bandung.

"Kami berharap kesempatan ini dapat lebih merangsang masyarakat untuk memproduksi film pendek sekaligus membuktikan pembuatan film itu bisa dilakukan dengan kreatifitas dan biaya sedikit," katanya.

Sementara itu, Panitia FFB 2011 telah mengumumkan nominasi film dan narafilm. Lima film masuk nominasi kategori film terpuji yakni 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta, Tanah Air Beta, Sang Pencerah, Rindu Purnama, Alangkah Lucunya (Negeri Ini).

Sedangkan, aktor nominator pemeran utama terpuji Dude Herlino (Dalam Mihrab Cinta), Lukman Sardi (Sang Pencerah), Tengku Firmansyah (Rindu Purnama), Reza Rahadian (3 Hati 2 Dunia 1 Cinta), Irwansyah (Love Story).

Nominator pemeran wanita terpuji Alexandra Gattardo (Tanah Air Beta), Lola Amaria (Minggu Pagi di Victoria Park), Laura Basuki (3 Hati 2 Dunia 1 Cinta), Acha Septriasa (Love Story) Olivia Jensen (Cinta 2 Hati).

Adapun lima sutradara yang masuk nominasi sutradara terpuji adalah Dedi Mizwar, Hanung Bramantyo, Mathias Muchus, Benni Setiawan dan Ari Sihasale.

Sementara itu, malam puncak pengumuman peraih penghargaan terpuji FFB 2011 akan digelar pada 6 Mei. Pengumuman pemenang FFB tersebut mundur seminggu dari jadwal sebelumnya 29 April.
(T.S033/S018)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011