Jakarta (ANTARA News) - Pebulu tangkis nasional Sony Dwi Kuncoro batal mengikuti turnamen Australia Terbuka Grand Prix Gold yang berlangsung 5-10 April, karena istrinya melahirkan putri pertama mereka.

"Saya baru sampai di sana (Australia) langsung balik lagi ke Jakarta," ujar Sony yang menjadi unggulan 12 pada turnamen tersebut, di Jakarta, Selasa.

Posisi Sony pada turnamen berhadiah 120.000 dolar AS yang berlangsung di Melbourne, yang akan melawan pemain Jepang Takuma Ueda pada putaran pertama, digantikan oleh pemain tuan rumah Australia Wesley Caulkett yang mendapat promosi dari babak kualifikasi.

Sony mengaku kembali dari Australia karena ingin menunggui istrinya, Gading Safitri, melahirkan putri pertama mereka di RS Kemang Medical Care, Senin (4/4) malam.

Pasangan yang menikah pada 2009 itu memberi nama putri mereka yang mempunyai berat 3,2kg dan panjang 49cm, Divia Amanta Kuncoro.

Sementara itu dari babak kualifikasi Australia Terbuka yang berlangsung Selasa, satu-satunya tunggal putra Indonesia harus melalui kualifikasi, Kaizar Bobby Alexander berhasil lolos ke babak utama setelah melalui dua pertandingan.

Kaizar mendapat bye pada putaran pertama kualifikasi, mengalahkan Vanrith Chap dari Australia 21-10, 21-12, dan selanjutnya menang atas pemain tuan rumah lainnya Sean Lim 21-16, 21-17 untuk membukukan tempat di babak utama.

Pada babak utama, Rabu (6/4), Kaizar langsung bertemu unggulan kelima asal Jepang Kazushi Yamada.

Adapun dua pemain tunggal putri yakni Milicent Wiranto dan Melicia Kurniawan tersisih di babak kualifikasi setelah berturut-turut kalah oleh Cheng Chi Ya dari Taiwan 12-21, 12-21 dan Poon Lok Yan dari Hong Kong 9-21, 5-21.(*)

(T.F005/K005)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011