Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya membangun ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan, untuk itu pemerintah terus mendorong berbagai upaya meningkatkan produksi mobil listrik maupun hybrid.

Hal itu disampaikan Presiden usai meninjau pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Rabu.

"Kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid. Tetapi sekali lagi, yang semuanya harus ramah lingkungan," kata Jokowi dalam rilis pers.

Didampingi oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang; Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi; Ketua Penyelenggara GIIAS, Rizwan Alamsjah; Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar; dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, H.E Kenji Kanasugi, Presiden Joko Widodo mengunjungi area pamer GIIAS 2021 di ICE BSD, Kab. Tangerang.

Presiden kemudian menyampaikan bahwa sektor otomotif merupakan salah satu industri yang yang memiliki pengaruh terhadap insutri pendukung lainnya.

“Pemerintah tahu, bahwa industri otomotif ini membawa gerbong yang tidak sedikit untuk UMKM-UMKM yang menyuplai komponen-komponen yang ada,” ujar Presiden Joko Widodo.

Dan untuk mengatasi efek pandemi, Presiden mengatakan bahwa kebijakan pemerintah mengenai relaksasi PPnBM cukup mendongkrak penjualan dan mendongkrak produksi dari industri otomotif.

“Pemerintah membuat kebijakan untuk sementara relaksasi dengan PPNBM yang diberikan. Dan ini, kita lihat, sangat mendongkrak penjualan, mendongkrak produksi dari industri otomotif kita. Terakhir, angka yang saya dapatkan, ada kenaikan kurang lebih 60 persen. Ini sangat baik untuk memberikan dorongan pada pemulihan ekonomi,” tambah Joko Widodo.

Presiden kemudian meninjau sejumlah stan dari berbagai jenama otomotif. Di sejumlah stan, Presiden juga mencoba menumpangi beberapa mobil yang dipajang.

Selain itu, dia juga bertemu dengan sejumlah pimpinan (CEO) dari para produsen mobil yang hadir dalam pameran yang mengusung tema "Wheels to Move" tersebut.

"Tadi kita sudah bertemu dengan para CEO dan saya sampaikan apa yang menjadi 'concern' kita dan apa yang harus kita lakukan bersama-sama untuk masa yang akan datang," kata Presiden.

Selepas peninjauan, Kepala Negara juga menyempatkan menjajal salah satu mobil listrik yang dipamerkan, yakni Mitsubishi Minicab Miev. Didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Presiden tampak menyetir mobil listrik tersebut dengan memutari pelataran depan gedung ICE BSD.

Baca juga: Presiden: Kebijakan PPnBM relaksasi industri otomotif saat pandemi

Baca juga: Pengamat: UMKM perlu didorong masuk ke rantai pasok otomotif

Baca juga: Pengamat: Potensi SDM otomotif Indonesia sangat besar


 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021