Jakarta (ANTARA) - Pertamina menyatakan kesiapannya dalam menghadapi implementasi kebijakan emisi Euro 4 pada kendaraan berbahan bakar diesel yang akan mulai diterapkan di Indonesia pada April 2022.

Manager Product and Service Development PT Pertamina Patra Niaga Remigius Choerniadi Tomo mengatakan mereka telah siap memenuhi ketersediaan bahan bakar dalam rangka menyambut kebijakan Euro 4 pada tahun depan tersebut.

"Kami yakin Desember 2021 ini ketersediaan BBM-nya sudah ada dan mulai dipasarkan April 2022 ke seluruh SPBU Pertamina di kota-kota besar di Indonesia," ucap Remigius dalam rilis pers, Jumat.

Remigius menjelaskan, dari sekitar 5.000-an SPBU Pertamina, sekitar 2.000-an SPBU sudah siap menjual BBM jenis Pertamina Dex.

Seiring dengan berkembangnya waktu, kata dia, populasi jenis BBM tersebut akan terus menyebar ke seluruh SPBU Pertamina yang ada di Indonesia.

Sementara Isuzu sebagai produsen yang memproduksi kendaraan niaga bermesin diesel menyatakan sudah mempersiapkan diri sejak tahun 2011 dengan memperkenalkan truk medium Isuzu GIGA yang telah mengimplementasi mesin common rail. Pada tahun 2018 pihaknya memperkenalkan produk Isuzu Elf NMR 81 yang juga sudah menggunakan mesin common rail.

Selanjutnya, pada 2019 Isuzu Indonesia juga melakukan ekspor perdana Isuzu Traga ke negara Filipina yang sudah menggunakan mesin dengan standar Euro 4.

Sebelumnya, dalam kesempatan berbeda, Vice President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia Jap Ernando Demily menekankan bahwa pihaknya selalu siap bekerja sama dengan pemerintah dalam berpartisipasi dan mendukung implementasi standar Euro 4 pada 2022.

“Kami yakin bahwa Isuzu telah siap melayani customer dengan kendaraan Euro 4 di masa yang akan datang,” kata Ernando.

Isuzu, kata dia, sudah memiliki bekal yang baik dan matang untuk menyongsong standar Euro 4, yakni DNA mesin Isuzu yang irit bahan bakar sehingga memungkinkan pelanggan menghemat biaya operasional.

Kemudian pengalaman Isuzu selama 10 tahun di mesin common rail, serta mekanik Isuzu di dealer yang siap dan paham bagaimana menangani mesin common rail.

Baca juga: All New Isuzu mu-X 4x4 dan D-Max meluncur di GIIAS 2021

Baca juga: Isuzu umumkan lonjakan penjualan hingga 51,9 persen

Baca juga: Deretan mobil baru yang diperkirakan akan meluncur di GIIAS 2021
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021