pemindahan IKN sesuatu yang sangat luar biasa dan manfaatnya bukan hanya untuk Kaltim, tapi untuk Indonesia secara umum.
Samarinda (ANTARA) - Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengatakan salah satu persoalan tentang perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim dinilai lamban karena komunikasi yang belum maksimal dari pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

"Kapan mereka mau membangun, berapa biayanya, sering kali tidak jelas. Anggaran tidak jelas karena memang ini proyek besar," jelas Hadi di Samarinda, Rabu.

Ia menjelaskan, sejak Presiden Jokowi mengumumkan rencana pemindahan IKN, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi pihak yang sangat terkejut.

"Kata beliau uangnya dari mana, artinya belum terbayangkan berapa dana yang harus dialokasikan dari rencana itu," terangnya.

Namun Hadi secara pribadi bisa memaklumi apabila Menteri Keuangan kaget dengan catatan hal tersebut harus tetap diperjuangkan.

Manurutnya, pemindahan IKN sesuatu yang sangat luar biasa dan manfaatnya bukan hanya untuk Kaltim, tapi untuk Indonesia secara umum.

Dengan adanya perpindahan akan terdapat perimbangaan pembangunan yang akan membuat Indonesia menjadi semakin tangguh.

"Kalau pembangunan terus terpusat di Pulau Jawa maka akan terjadi kecemburuan dan masalah sosial masyarakat dan akan susah dikendalikan karena mereka hilang kepercayaan dengan pemerintah pusat," tuturnya.

Hadi juga mengimbau dengan momentum perpindahan IKN seluruh lapisan masyarakat untuk tetap bersyukur walaupun memang memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Diakuinya, semua yang namanya baru butuh biaya besar, tapi hal tersebut bisa dilakukan secara bertahap dan perlu proses.

“Presiden Jokowi meminta Istana Kepresidenan sudah terbangun di IKN baru yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada Juli 2024 dan rencananya peringatan HUT Kemerdekaan RI dilakukan di Istana Kepresidenan yang baru pada 17 Agustus 2024,” ujar Hadi Mulyadi.
Baca juga: Malaysia berharap dilibatkan Indonesia dalam pembangunan di Kalimantan
Baca juga: Kementerian PUPR: Ibukota baru akan mengedepankan lima transformasi
Baca juga: Pembangunan IKN pertimbangkan manajemen pembangunan regional

Pewarta: Gunawan Wibisono/R'sya
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021