Jakarta (ANTARA) - PT Pos Indonesia menggandeng PT Swap Energi Indonesia untuk menghadirkan motor listrik Smoot yang menjadi sarana kurir perempuan Oranger mawar dalam melaksanakan aktivitasnya sebagai mitra kurir Pos.

“Semoga kerja sama ini menjadi batu loncatan bagi Indonesia yang tengah menggalakkan kendaraan listrik. Apalagi Presiden sudah mencanangkan bahwa Indonesia akan membangun manufaktur baterai,” kata Direktur Utama Pos Indonesia Faizal R. Djoemadi saat konferensi pers pada Rabu.

Baca juga: PT Pos berdayakan UMKM lokal isi gerai di ruang kreatif Pos Bloc

Ia berharap Indonesia dapat segera beralih mengadopsi berbagai jenis kendaraan bertenaga listrik karena lebih ramah lingkungan, dapat didaur ulang, dan berkelanjutan.

Senada dengan hal tersebut Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Siti Choiriana mengatakan kolaborasi dengan Smoot yang dapat digunakan Oranger Mawar merupakan pilihan tepat untuk mendukung emisi nol bersih.

“PT Pos Indonesia juga berkomitmen terhadap pengembangan ekonomi hijau, serta mendukung program pemerintah dalam pengurangan emisi karbon di Indonesia,” ujarnya.

Faizal mengatakan Oranger Mawar memiliki visi untuk memberdayakan perempuan Indonesia, terutama bagi mereka yang mengalami pemutusan hubungan kerja akibat pandemi COVID-19. Ia menyebut jumlah pekerja perempuan Indonesia yang terdampak sebanyak 623.407 orang.

“Diharapkan dengan adanya Oranger Mawar tercipta kemandirian wanita Indonesia. Mereka bisa mempunyai nafkah sendiri, tidak tergantung kepada suaminya,” tuturnya.

Faizal juga menyebutkan saat ini Oranger Mawar sedang dibutuhkan mengingat 52 persen pelaku bisnis online dijalankan oleh perempuan yang lebih nyaman apabila dilayani oleh kurir perempuan.

Untuk menjadi mitra Oranger Mawar syaratnya cukup mudah, yakni dengan bermodalkan SIM C. Calon mitra dapat bergabung menjadi Oranger Mawar di kantor pos yang tersebar di 4.800 titik di Indonesia.

Para Oranger Mawar nantinya akan diberikan kemudahan untuk memiliki motor listrik Smoot dengan fasilitas kredit.

Sebagai informasi, motor listrik Smoot menggunakan teknologi tukar baterai Swap Energy. Pengguna dapat mengakses ratusan lokasi tempat penukaran baterai atau SWAPPoin di berbagai lokasi strategis Jabodetabek untuk langsung menukarkan baterai hanya dalam waktu 9 detik.

Selain itu, motor listrik ini juga terintegrasi di dalam satu aplikasi SWAP sehingga pengendara dapat memantau status baterai terakhir dan titik lokasi Smoot motor. Motor ini juga dilengkapi dengan sistem anti-pencurian yang dapat diakses melalui aplikasi ketika kendaraan hilang atau dicuri.


Baca juga: Pos Indonesia beri diskon Kilat Khusus hingga 70 persen

Baca juga: Erick Thohir apresiasi PT Pos Indonesia transformasi digital

Baca juga: Erick Thohir: Aset PT Pos bisa dijadikan pusat distribusi e-commerce
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021