Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Republik Indonesia (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan industri otomotif memiliki peluang untuk terus bertumbuh karena Indonesia memiliki potensi pasar yang besar dengan rasio kepemilikan kendaraan yang masih rendah.

"Rasio kepemilikan kendaraan motor di Indonesia masih rendah. Jika kami bicara kepemilikan pada roda empat rasio itu kepemilikannya itu 9 banding 100 orang. Itu masih sangat kecil dan sedikit," ungkap Agus Gumiwang Kartasasmita di Cikarang, Jawa Barat, Selasa.

Selain itu, dia juga menyebutkan bahwa rasio kepemilikan kendaraan roda dua di Indonesia juga masih rendah, dengan perbandingan kepemilikan 1 dibanding 6. Sehingga peluang untuk berbisnis di Indonesia masih terbuka luas.

"Ini merupakan hal yang baik bagi para produsen otomotif, dan masih memiliki potensi yang besar untuk mengisi pasar yang masih kosong," kata dia.

Pertumbuhan penjualan sepeda motor juga didukung penyataan Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) yang memprediksi adanya pertumbuhan penjualan sepeda motor di pasar domestik pada tahun 2022, dari 4,6 juta unit pada tahun ini, menjadi 5,1 juta sampai 5,4 juta unit.

Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala mengatakan potensi peningkatan penjualan sepeda motor pada tahun depan terlihat dari realisasi penjualan hingga September tahun ini yang sudah mencapai 3.761.407 unit, tumbuh hampir 31 persen dibandingkan Januari-September 2020.

"Sebelumnya kami prediksi 4,3 juta-4,6 juta unit. Kami harapkan tren positif itu berlanjut ke tahun depan yang kami prediksi akan tumbuh 2 persen  sampai 8 persen atau 5,1 juta-5,4 juta unit. Ini akan memberikan multiplier effect yang positif buat industri terkait," papar Sigit.

Sedangkan untuk penjualan mobil, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mematok target penjualan sebanyak 750.000 unit mobil baru. Didukung kebijakan Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP), Gaikindo optimistis target penjualan itu dapat terpenuhi.

Baca juga: Gaikindo: Industri otomotif bertahan berkat dukungan pemerintah

Baca juga: GIIAS 2021 akan dibuka langsung Presiden Jokowi

Baca juga: GIIAS 2021 diharapkan jadi penanda bangkitnya ekonomi Indonesia
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021