Medan (ANTARA) - Pasokan listrik di beberapa wilayah Kepulauan Nias Sumatera Utara sudah pulih 100 persen, PT PLN (Persero) tetap mewaspadai cuaca ekstrem.

"Proses percepatan pemulihan pasca cuaca ekstrem tersebut berhasil dipulihkan Sabtu (7/11) sekira pukul 21.25 WIB, sistem kelistrikan di Kepulauan Nias itu pulih 100 persen," kata Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nias Hasudungan Siahaan, dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Hasudungan menjelaskan, cuaca ekstrem yang melanda Kepulauan Nias, Jumat (5/11) yang meliputi Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Selatan yang terjadi angin kencang dan hujan lebat mengakibatkan distribusli listrik terganggu.

Dalam upaya percepatan pemulihan kondisi kelistrikan di Kepulauan Nias, PLN UP3 Nias mengerahkan tim siaga sebanyak 39 orang meliputi pegawai dan Petugas Pelayanan Teknik (Yantek).

Langkah perbaikan melalui pemulihan 22 penyulang, 1.524 gardu dan melakukan penggantian tiang tumbang dengan konstruksi SC 1 (Double Net) dan konstruksi SC 5 (Double Net).Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat di tengah kondisi cuaca ekstrem saat ini untuk tetap waspada dan apabila melihat potensi bahaya kelistrikan segera melapor via PLN Mobile atau Contact Center 123," ucapnya.

Sementara itu, General Manajer PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut Pandapotan Manurung mengucapkan terima kasih kepada PLN UP3 Nias dan para pemangku kepentingan yang turut mendukung percepatan dan pemulihan kondisi kelistrikan di Kepulauan Nias.

"PLN terus berupaya menjaga kehandalan listrik kepada masyarakat di Kepulauan Nias, karena daerah tersebut merupakan salah satu rawan bencana cuaca ekstrem," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021