Cirebon (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Anas Urbaningrum menegaskan partainya tidak mendorong pergantian ketua harian sekretariat gabungan (setgab) partai-partai politik pendukung pemerintah yang kini dijabat Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie.

"Bagi Partai Demokrat tidak ada urgensi sama sekali untuk mendorong pergantian ketua harian setgab (sekretariat gabungan)," kata Anas Urbaningrum di sela acara panen raya padi di Desa Dukuh Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu.

Hadir pada acara panen raya tersebut antara lain, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, Ketua Departemen Pertanian Partai Demokrat Herman Khaeron dan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Mohammad Jafar Hafsah.

Menurut dia, perhatian Partai Demokrat bukan pada ketua setgab tapi bagaimana partai-partai politik anggota koalisi berkomitmen terhadap kontrak politik yang sudah disepakati pada 2009.

"Partai-partai politik menandatangani kontrak politik dan sepakat untuk mendukung pemerintahan hingga 2014," katanya.

Anas menambahkan, keinginan Partai Demokrat sederhana saja yakni menginginkan koalisi yang solid, sungguh-sungguh, dan konsekuen dengan kontrak politik yang telah disepakati.

Jika seluruh partai politik anggota koalisi bersikap konsekuen dan mempunyai komitmen terhadap kontrak politik yang telah disepakatinya, Anas optimis koalisi bisa solid sehingga pemerintahan bisa berjalan lebih efektif.

Soal posisi pimpinan Setgab, menurut Anas, dalam setgab ada enam partai politik anggota koalisi partai-partai politik pendukung pemerintah.

Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, yang juga Presiden Republik Indonesia, sudah menduduki jabatan ketua setgab serta anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Syarif Hasan, sudah menduduki jabatan sekretaris setgab.

"Itu sudah cukup, sehingga Partai Demokrat tidak berminat mempersoalkan ketua harian setgab," katanya.

Anas menambahkan, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, menduduki posisi ketua harian setgab dengan pertimbangan ia adalah ketua umum partai politik besar dan memiliki waktu cukup untuk mengelola setgab.

Ditanya soal munculnya usulan untuk mengganti ketua harian setgab, Anas menegaskan, hal itu merupakan pernyataan pribadi dari sejumlah politisi Partai Demokrat, tapi secara kelembagaan Partai Demokrat tidak mendorong untuk melakukan pergantian ketua harian setgab.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar, Priyo Budi Santoso mengatakan, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menduduki jabatan ketua harian setgab bukan atas keinginannya sendiri, tapi karena dipercaya oleh Presiden Yudhoyono yang juga ketua dewan pembina Partai Demokrat.(*)

(T.R024/U002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011