Jakarta (ANTARA) - Komunitas pehobi Vespa dan fotografi, Vespagraphy, menyambut satu dekade hari jadi komunitas mereka dengan menyelenggarakan touring "Road To Belitung Geopark" sekaligus mengenalkan "Fotografi Traveling" kepada murid SMA melalui gelaran Kelas Eksplorasi Vakansi (KEV).

Eksplorasi Vakansi Vespagraphy "Road To Belitung Geopark" dimulai pada 31 Oktober hingga 3 November 2021 yang diikuti tujuh anggota komunitas menggunakan dua Vespa Sprint, satu Vespa PTS, satu Vespa Super dan satu Vespa Excel.

Mereka menyambangi sejumlah destinasi seperti Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas yang terkenal dengan mercusuarnya, serta Pantai Tanjung Tinggi tempat syuting film Laskar Pelangi, sekaligus memberikan seminar fotografi melalui gelaran Kelas Eksplorasi Vakansi (KEV) di SMA N 1 Membalong pada 2 November 2021.
Vespagraphy "Road To Belitung" sambil berbagi ilmu fotografi traveling (ANTARA/HO Vespagraphy)


"KEV 2021 ini sedikit berbeda dengan kelas-kelas sebelumnya, biasanya sasaran kami adalah siswa SD. Dalam kesempatan ini kami mengenalkan Fotografi Traveling dengan menggunakan kamera ponsel kepada siswa SMA untuk mempromosikan potensi pariwisata Belitung Geopark di media sosial untuk menarik wisatawan domestik dan mancanegara berkunjung ” ujar Haritsah Almudatsir anggota Vespagraphy.

Baca juga: Komunitas Vespagraphy buka kelas eksplorasi di Karimunjawa

Kelas Eksplorasi Vakansi merupakan program Vespagraphy yang digelar dengan kota tujuan berbeda tiap tahunnya. Sebelumnya komunitas Vespagraphy berkolaborasi dengan warga Kampung Sitoko, Cipanas, Lebak, Banten dan sejumlah komunitas mendirikan ruang belajar untuk PAUD yang akhirnya berkembang menjadi ruang interaksi warga.

“Melalui ini kami ingin menambah wawasan pariwisata dan pengalaman baru, memotivasi diri kita sendiri dan juga masyarakat umum khususnya siswa SMA,” ujar Haritsah Almudatsir yang juga pewarta foto harian Jawapos itu.
Vespagraphy "Road To Belitung" sambil berbagi ilmu fotografi traveling (ANTARA/HO Vespagraphy)


Sebanyak 15 siswi dan 13 siswa kelas ekstrakurikuler fotografi SMAN 1 Membalong mengikuti seminar fotografi dengan kegiatan pemberian materi, praktik, kemudian lomba foto ponsel usai mengikuti seminar.

"Fotografi adalah bidang ilmu yang saat ini berkembang pesat didorong perkembangan teknologi, khususnya perangkat handphone dengan fitur-fitur kamera yang makin inovatif," kata Yolly Rizky Afrianto Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan SMAN 1 Membalong.

"Kebutuhan akan menciptakan foto yang bagus dan menarik menjadi penting dikalangan generasi muda khususnya pelajar. Kehadiran komunitas Vespagraphy di SMAN 1 Membalong memberikan wawasan dan keterampilan baru yang bisa langsung di terapkan siswa," kata Yolly.
Vespagraphy "Road To Belitung" sambil berbagi ilmu fotografi traveling (ANTARA/HO Vespagraphy)


Baca juga: Vespagraphy kenalkan fotografi alternatif sambil Touring Hari Pahlawan

Baca juga: Vespagraphy ajak penyandang disabilitas keliling museum

Baca juga: Ayo ke pameran foto budaya Vespa

 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021