Jakarta (ANTARA News) - Kesebelasan Persija Jakarta mengelontor tamunya Persiba Balikpapan dengan skor 5-1 pada lanjutan Djarum Indonesia Super League (ISL) 2010/2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu.

Gol kemenangan klub yang berjuluk Macan Kemayoran dicetak oleh Bambang Pamungkas pada menit 10, gol bunuh diri pemain belakang Persiba Mijo Dadic menit 55, Agu Casmir menit 60, M. Ilham menit 72 dan Aliyudin menit 90. Sedangkan gol Persiba tercipta lewat kaki Aldo Baretto menit 27.

Bermain dihadapan ribuan Jakmania (sebutan suporter Persija) anak asuh Rahmad Darmawan langsung memberikan tekanan pada Persiba Balikpapan yang dikawal oleh Mijo Dadic. Beberapa peluang langsung tercipta baik lewat Bambang Pamungkas, Greg Nwokolo maupun Agu Casmir.

Begitu juga tim tamu. Duet Khoirul Amri dan Aldo Baretto juga memberikan perlawanan yang sengit sehingga membuat lini belakang Persija yang dikawal oleh Eric Arsene Bayemi cukup keropatan.

Namun berkat kecerdasan M. Ilham menusuk pertahanan Persiba, akhirnya Bambang Pamungkas mampu meneruskan umpan terukurnya sehingga menjebol gawang Galih Sudaryono sehingga merubah kedudukan menjadi 1-0.

Tertinggal 0-1 membuat anak asuh Hariadi meningkatkan tempo permainan. Hasilnya top skor ISL musim lalu Aldo Baretto pada menit 27 mampu menjebol gawang Persija yang dikawal oleh Hendro Kartiko sehingga merubah kedudukan menjadi 1-1. Kedudukan ini bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan langsung menekan pertahanan Persiba. Lewat gelandang M. Ilham serangan Macan Kemayoran terus terbentuk. Tusukan-tusukan yang dilakukan bahkan langsung mengarah kearah gawang dan membuat pemain belakang Persiba Mijo Dadic pada menit 55 menjebloskan bola ke gawangnya sendiri sehingga merubah kedudukan menjadi 2-1.

Unggul satu gol tidak membuat serangan Persija mengendor. Serangan demi serangan terus dibangun. Berkat kecerdikan Greg Nwokolo akhirnya striker nasional Singapura, Agu Casmir mampu menambah keunggulan tim asal ibukota pada menit 60 sehingga merubah kedudukan menjadi 3-1.

Sedangkan dua gol kemenangan Persija yang lain dicetak oleh M. Ilham pada menit 72 dan gol penutup Tim Macan Kemayoran itu dicetak oleh pemain pengganti yaitu Aliyudin pada menit 90.

Sebagaimana diketahui pertandingan ini dipimpin oleh wasit asal Malaysia Suhaizi bin Shukri. Wasit ini merupakan yang pertama memimpin kompetisi ISL.

Dengan hasil ini Persija Jakarta berhasil mengumpulkan 29 poin dari 15 kali pertandingan. Adapun dalam klasemen sementara ISL berhasil merangsek ke posisi tiga dan mengeser posisi Persiwa Wamena.

Susunan pemain:

-Persija Jakarta : Hendro Kartiko (gk), Ismed Sofyan, Ambrizal, Eric Arsene Bayemi, Amarzukih, Syamsul Haerudin, Oliver Makor, M. Ilham/Oktavianus, Greg Nwokolo, Agu Casmir/Aliyudin dan Bambang Pamungkas (c).

-Persiba : Galih Sudaryono (gk), Iqbal Samad, Mahammadan, Mijo Dadic (C), Trias Budi, Y. De Jong, Asri Akbar/Jefry Dwi Hadi, Erik Setiawan, Sultan Sama, Khoirul Amri/Eky Nurhakim dan Aldo Baretto.(*)

(T.B016/T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011