Kami mengharapkan dukungan dan regulasi yang kuat dari pemerintah, baik itu inisiatif pembangunan kapal baru oleh BUMN atau kementerian, juga pembiayaan dari dunia perbankan
Jakarta (ANTARA) - Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) mengharapkan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan memberikan dukungan kepada industri galangan kapal yang terdampak pandemi Covid-19.

"Kami mengharapkan dukungan dan regulasi yang kuat dari pemerintah, baik itu inisiatif pembangunan kapal baru oleh BUMN atau kementerian, juga pembiayaan dari dunia perbankan," kata Ketua Iperindo, Eddy Kurniawan Logam dalam Virtual Expo Maritime Indonesia (VEMI) 2021 yang dipantau di Jakarta, Senin.

Sejak pandemi melanda Indonesia, tambahnya, hampir tidak ada lagi proyek pembangunan kapal baru yang dikerjasamakan oleh pemerintah maupun pihak swasta,  karena anggaran pemerintah dan juga BUMN banyak dialokasikan ke penanggulangan pandemi.


Baca juga: Industri galangan kapal minta keringanan fasilitas perbankan


Bahkan, tidak sedikit pemilik galangan kapal yang terpaksa menghentikan operasional dan merumahkan pegawainya sebab tidak ada proyek pembangunan kapal baru, sehingga industri galangan kapal dalam negeri berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan.

Namun, Ia memproyeksikan industri kapal di dalam negeri masih menjanjikan karena kebutuhan terkait pembangunan kapal baru, serta banyaknya kapal yang beroperasi di Indonesia berusia lebih dari 25 tahun sehingga membutuhkan peremajaan.


Baca juga: Ketua DPR minta industri galangan kapal diperkuat

"Di bidang reparasi kapal masih bertahan meski banyak pemilik kapal yang masih menunda perbaikan," ujarnya

Eddy menambahkan, melalui dukungan pemerintah dan pemangku kepentingan maka diharapkan industri kapal dalam negeri akan kembali bangkit.

"Bagaimana kita bergandengan tangan, sesama anak negeri kembali membangun perekonomian Indonesia melalui dunia pelayaran dan industri maritim," ujarnya.


Baca juga: Menperin pacu industri galangan kapal nasional

Baca juga: Kemenperin: Industri galangan kapal bernilai strategis

Baca juga: Namarin: Industri galangan kapal harus profesional

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021