Jakarta (ANTARA) - Indonesia akan memperkenalkan keberagaman budaya dan potensi bangsa melalui National Day di Expo 2020 Dubai di Uni Emirat Arab (UAE) pada Kamis, 4 November 2021.

“Melalui perayaan National Day di Expo 2020, Indonesia akan menunjukkan kekayaan dan keragaman sumber daya dan budaya hingga potensi besar sebagai negara yang memiliki peran penting di kancah internasional melalui parade termegah yang pernah dihelat Indonesia di Timur Tengah. Parade ini akan memukau seluruh pengunjung Expo dan menjadi salah satu pendorong kesuksesan Indonesia dalam partisipasi di Expo 2020,” ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam keterangannya, Jumat.

Acara yang digadang-gadang bisa menarik 2.000-an pengunjung itu nantinya akan menghadirkan parade seni budaya yang merepresentasikan talenta terbaik yang dimiliki bangsa di hadapan dunia.

Pada perhelatan Expo 2020 di Dubai, setiap negara yang berpartisipasi diberikan kesempatan untuk memamerkan potensi negaranya melalui pertunjukkan seni maupun budaya di luar area paviliun pada satu hari yang didedikasikan untuk negara tersebut.

Perayaan National Day untuk Indonesia akan digelar di Al Wasl Plaza yang merupakan pusat area Expo.

Indonesia mengangkat tema “Land of Diversity” yang menggambarkan kemegahan dan keragaman budaya yang melekat pada citra bangsa. National Day juga menggambarkan kesiapan Indonesia untuk menyambut masa depan di hadapan dunia.

Acara itu menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memikat daya tarik pengunjung mendatangi Paviliun Indonesia. Ketika mengunjungi Paviliun Indonesia, pengunjung dapat mempelajari lebih dalam mengenai pesona dan keunggulan Tanah Air di sektor perdagangan, investasi dan pariwisata yang diharapkan akan meluaskan peluang Indonesia menjalin kerja sama dengan calon mitra strategis dari berbagai negara.

National Day Indonesia menghadirkan puluhan penari terbaik Indonesia yang akan memeriahkan Dubai dengan pertunjukan tari tradisional dari berbagai daerah dan memikat pengunjung Expo 2020 untuk mengenal keragaman Indonesia.

Perayaan ini juga akan diramaikan oleh salah satu penyanyi kebanggaan Indonesia, Lyodra Ginting yang akan mengisi puncak acara.

Menteri Lutfi menjelaskan talenta terbaik bangsa diikutsertakan dalam salah satu pagelaran seni budaya Indonesia termegah di Timur Tengah ini sebagai representasi keunggulan sumber daya manusia Indonesia yang berdaya saing tinggi.

“Seperti kita ketahui Indonesia akan mengalami bonus demografi, dimana mayoritas populasi berada di usia produktif, pada 2045. Ini merupakan fenomena langka yang tentunya dimanfaatkan Indonesia semaksimal mungkin untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing di kancah global. Melalui kesempatan National Day di Expo 2020, Indonesia ingin memperlihatkan talenta-talenta terbaik yang merepresentasikan keunggulan sumber daya bangsa dan kesiapan kita menuju masa depan yang penuh peluang,” ujar Lutfi.

Partisipasi Indonesia di Expo 2020 merupakan salah satu komitmen Indonesia sebagai bagian dari komunitas global dan perekonomian dunia. Melalui perhelatan yang menyatukan 192 negara tersebut, Indonesia mendapat kesempatan memperkuat perannya di hadapan negara-negara di dunia. Perayaan National Day diharapkan dapat memperlihatkan pesona Indonesia sebagai negara dengan beragam potensi dan peluang. Nantikan kemegahan dan keseruan National Day Indonesia hanya di Expo 2020.



Baca juga: Di Expo Dubai, Kemenperin promosi RI jendela industri 4.0 dunia

Baca juga: Kemenperin ungkap potensi industri otomotif di Expo 2020 Dubai

Baca juga: RI jaring kolaborasi industri dengan dunia di Expo 2020 Dubai

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021