Yayasan EcoNusa berharap semakin banyak anak muda yang berani beraksi dan bersuara untuk menyadarkan mengenai krisis iklim
Jakarta (ANTARA) - Sekitar 7.500 pemuda melakukan Aksi Muda Jaga Iklim di 76 titik seluruh Indonesia lewat berbagai aksi melestarikan lingkungan merespons keresahan akibat perubahan iklim, seperti penanaman pohon dan bibit kerang hijau di Ancol Jakarta, Kamis. 

Menurut keterangan resmi pihak penyelenggara Yayasan EcoNusa yang diterima di Jakarta pada Kamis, Sumpah Pemuda yang diperingati pada 28 Oktober 2021 merupakan momen penting bagi seluruh kaum muda di Indonesia untuk bergerak bersama demi mempertahankan kelestarian laut dan hutan di Indonesia.

Baca juga: Indonesia FoLU Net Sink 2030 bantu cegah kenaikan suhu Bumi

"Dengan kolaborasi #AksiMudaJagaIklim ini, Yayasan EcoNusa berharap semakin banyak anak muda yang berani beraksi dan bersuara untuk menyadarkan mengenai krisis iklim yang kita hadapi," kata CEO Yayasan EcoNusa Bustar Maitar.

Selain di Jakarta kegiatan itu dilakukan di beberapa provinsi seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Baca juga: Indonesia akan mempertegas komitmen kurangi emisi di konferensi iklim

Keterlibatan generasi muda itu penting mengingat terjadinya peningkatan suhu udara, musim hujan dan kemarau tidak menentu serta cuaca ekstrem seperti badai yang belum pernah terjadi sebelumnya di Indonesia. Hal itu merupakan pertanda krisis iklim yang sudah terasa nyata.

Kegiatan #AksiMudaJagaIklim di Ancol, Jakarta sendiri dilakukan dalam bentuk penanaman 1.000 kilogram bibit kerang hijau di perairannya.

Baca juga: Menteri LHK sebut Indonesia alami evolusi di bidang lingkungan hidup

Penanaman itu diharapkan dapat menjadi substrat memancing populasi kerang hijau untuk memberikan dampak positif pada meningkatnya kualitas air, biodiversitas dan jumlah biota di perairan kawasan Ancol.

Selain itu, dilakukan juga penanaman 100 pohon khas Jakarta di area ruang terbuka hijau Allianz Ecopark. Beberapa jenis pohon yang ditanam antara lain buni, jamblang, jambu bol, menteng dan kecapi.

Baca juga: Indonesia berpotensi jadi penentu arah hadapi krisis iklim

Penanaman pohon dilakukan dengan harapan menambah populasi hutan kota di Jakarta, mengurangi polusi sekaligus meningkatkan kualitas udara.

Dalam kegiatan di Jakarta hadir Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Muhammad Yusuf, Kepala Seksi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim DKI Jakarta Rina Suryani dan Budi Aryanto selaku Direktur Utama PT. Taman Impian Jaya Ancol.

Baca juga: KKP dan EcoNusa berkolaborasi adakan Gerakan Aksi Muda Jaga Iklim

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021