Jakarta (ANTARA) - Jeep harus melakukan penarikan kembali (recall) kepada Grand Cherookee L 2021, akibat masalah pada kamera mundur dan yang terbaru adalah masalah pada high beams sebanyak 7.082 unit kendaraan.

Dalam kasus ini, NHTSA menyatakan bahwa pada model Grand Cherokee L 2021 tidak dilengkapi dengan teknologi otomatis, sehingga mereka harus melakukan dan mengatur saklar mereka ke posisi on secara manual.

Baca juga: Jeep pertahankan mesin V8 dan mengurangi produksi diesel pada 2030

Dikutip dari CarsCoops, Rabu bahwa masalah ini mengingatkan bahwa kendaraan yang terkena dampak tidak mematuhi Standar Keselamatan Kendaraan Bermotor Federal No. 108 S9.4.

Pasal tersebut berbunyi "setiap kendaraan harus memiliki sarana peralihan antara balok bawah dan atas yang dirancang dan ditempatkan sehingga dapat dioperasikan dengan nyaman oleh gerakan sederhana dari tangan pengemudi."

Dalam hal ini, Fiat Chrysler Automobiles AS yang pertama kali mengenali masalah pemrograman yang ada pada kendaraan tertentu tanpa balok tinggi otomatis pada 15 September dan kemudian menetapkan bahwa kendaraan yang terkena dampak dibuat antara 8 Desember 2020 dan 25 Agustus 2021 ketika pemrograman kendaraan yang diperbarui diterapkan.

Pembuat mobil akan memberi tahu dealer dan pemilik pada atau sekitar 3 Desember 2021 dan memprogram ulang kendaraan untuk menyelesaikan masalah. FCA US juga akan mengganti setiap pemilik yang sebelumnya telah membayar untuk memperbaiki masalah tersebut.

Penarikan ini terjadi empat minggu setelah Grand Cherokee L ditarik kembali karena perangkat lunak radio dapat mengalami malfungsi selama shutdown, sehingga gambar dari kamera mundur tidak dapat ditampilkan.

Baca juga: Jeep Grand Cherokee hybrid dipasarkan akhir tahun ini

Baca juga: Jeep hadirkan Wrangler dan Gladiator di Indonesia

Baca juga: Batasi asupan daging cegah kolestrol hingga "spyware" Candiru diawasi

 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021