Catatan hitam Nanan sebagai mantan Kapolda Sumut dalam kasus protap akan diungkit-ungkit publik dan parpol yang kadernya menjadi korban
Jakarta (ANTARA News) - Komjen Pol Nanan Soekarna diangkat sebagai Wakil Kepala Kepolisian RI menggantikan Komjen Pol Jusuf Manggabarani.

"Pengangkatan tersebut berdasarkan surat telegram Kapolri nomor STR/159/II/2011 tanggal 28 Februari 2011 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan Baru di Lingkungan Polri," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Polri, Brigjen Pol Ketut Untung Yoga Ana di Jakarta, Senin.

Jusuf selanjutnya dimutasikan sebagai perwira tinggi (pati) Mabes Polri dalam memasuki masa pensiun, ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan pengangkatan Nanan sebagai Wakapolri baru LSM Indonesia Police Watch menyatakan terpilihnya mantan Irwasum adalah sebuah kompromi untuk menciptakan soliditas yang mantap di Polri.

"Dimana Kapolri sebelumnya menempatkan Susno sebagai Penasehat Koordinator Staf Ahli (Korsahli)," kata Ketua Presidium IPW, Neta S Pane.

IPW berharap Nanan harus menunjukan kinerja profesionalnya sebagai Wakapolri antara lain dengan mendorong pemberantasan mafia hukum di tubuh Polri.

"Karena tanpa itu, catatan hitam Nanan sebagai mantan Kapolda Sumut dalam kasus protap akan diungkit-ungkit publik dan parpol yang kadernya menjadi korban," kata Neta. Hal tersebut terkait tewasnya Ketua DPRD Sumut, Angkat saat unjuk rasa pada Februari 2009.
(*)


Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011