Kita akan tunggu Golkar apakah bersikap sama dengan PKS atau tidak. Kita tunggu sikap gentle yang mendukung angket,
Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrat menyambut baik dan mempersilakan jika PKS akan keluar dari koalisi. "Tidak ada masalah bagi Partai Demokrat. Itu sikap `gentle` dari PKS keluar dari Sekretariat Gabungan dibandingkan  Golkar. Kami sambut baik sikap PKS," kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Sekjen PKS Anis Matta telah menyatakan bahwa PKS siap menjadi oposisi dan akan keluar dari setgab.

Max menyatakan, keluarnya PKS dari koalisi tidak akan berpengaruh pada setgab. "Tidak takut dan kita tidak perlu merengek-rengek meminta PKS bertahan. Tidak `ngaruh` dan kita sudah prediksi dari awal," kata Max.

Anggota Komisi I DPR RI itu menambahkan, Partai Demokrat akan menunggu sikap dari Golkar sebagaimana yang dilakukan oleh PKS. "Kita akan tunggu Golkar apakah bersikap sama dengan PKS atau tidak. Kita tunggu sikap gentle yang mendukung angket," kata Max.

Ia berharap Golkar secepatnya mengambil keputusan, bukan menunggu evaluasi sebagaimana yang disampaikan petinggi Golkar. "Golkar yang membuat, maka seharusnya Golkar lebih gentle untuk menyatakan sikap seperti PKS. Jadi jangan menunggu untuk dievaluasi," kata Max.

Dia mengatakan,  keluarnya PKS dari koalisi dan siap menjadi oposisi tentunya akan berimplikasi pada kabinet.

"Tidak mungkin PKS bertahan di kabinet. Golkar dan PKS apakah harus terus dipertahankan di kabinet. Harus ada `action` terhadap menteri PKS dan Golkar," kata dia.
(S023/B013)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011