Jakarta (ANTARA News) - Agen tunggal pemegang merek  PT toyota Astra Motor meningkatkan layanan informasi secara mobile (bergerak) yang bisa diakses konsumen melalui berbagai aplikasi mulai dari Blackberry, iPhone, iPad, dan telepon genggam cerdas berbasis Android.

"Keberhasilan (penjualan) otomotif tidak hanya karena produk, tapi bagaimana melayani kebutuhan konsumen dengan baik," ujar Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan pada peluncuran M (mobile)-Toyota, di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan di bidang otomotif, TAM yang pertama kali memperkenalkan layanan informasi bergerak dengan multiaplikasi, untuk memudahkan konsumen mendapat informasi mulai dari mencari produk Toyota, pembelian, hingga layanan purnajual.

Diakuinya dampak peningkatan layanan informasi dalam bentuk M-Toyota terhadap penjualan tidak secara langsung. "Tahun ini kami menargetkan bisa menguasai 36 sampai 37 persen pasar mobil di Indonesia," ujarnya.

Ditambahkan Direktur Pemasaran TAM, Joko Trisanyoto, M-Toyota merupakan pengembangan dari layanan informasi bergerak yang sudah dikembangkan sejak tahun 2007. Pada tahun itu TAM M-Toyota *898# melalui pesan singkat (sms). Pada 2010 layanan itu diakses oleh lebih dari 10 juta pencari informasi.

Selain itu, TAM juga mengembangkan layanan informasi bergerak berbasis WAP broser melalui m.toyota.astra.co.id pada pertengahan 2009. Sampai saat ini, lanjut Joko, layanan itu telah diakses oleh lebih dari 533 ribu kunjungan. Demikian pula dengan website Toyota Indonesia yang dikembangkan pada 1996 telah diakses oleh lebih dari 51 juta kunjungan oleh 2,6 juta orang.

"Angka-angka itu sekaligus memberikan gambaran bahwa kehadiran layanan infomasi seperti Website Toyota dan juga M-Toyota sangat dibutuhkan dan membantu para pelanggan kami," ujar Joko.

Oleh karena itu lah, di tengah persaingan pasar otomotif yang semakin ketat di Indonesia, Joko mengakui, pihaknya mengembangkan layanan informasi bergerak dengan berbasis aplikasi dan telepon gengam cerdas yang tengah populer saat ini yaitu Blackberry, Apple iPad dan iPhone, serta smartphone berbasis Android.

"Melalui konsep `the best total customer ownership experience` kami terus mengikuti perkembangan teknologi terkini, dan kebutuhan konsumen yang terus berubah, yang membutuhkan informasi tentang produk, layanan, dan purnajual yang mudah, cepat, dan nyaman," ujar joko.

Pada M-Toyota, lanjut dia, konsumen bisa mengakses berbagai informasi mulai dari berita terbaru tentang produsen mobil tersebut (Toyota update), kontak darurat (seperti polisi dan ambulans), info produk dan harga mobil Toyota, jaringan dealer dan bengkel di seluruh Indonesia, simulator harga dengan kredit, info komunitas pemilik Toyota, dan servis.

"Pada M-Toyota juga ada `Location Based System` (LBS) yang dapat membantu para pengguna untuk mengirimkan posisi mereka sehingga dapat diberi informasi sesuai dengan lokasi," katanya.

Fitur ini akan membantu pelanggan saat membutuhkan informasi mengenai dealer, bengkel ataupun lokasi area penting lainnya seperti ATM, stasiun pengisian bahan bakar hingga area istirahat.

"Layanan informasi bergerak multiaplikasi ini juga merupakan asli inisiatif dari Toyota di Indonesia untuk memberikan konsumen pengalaman terbaik dalam kepemilikan mobil," ujar Joko.
(ANT/A038)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011