Jakarta (ANTARA News) - Pernyataan yang dilontarkan sebuah ormas yang akan menggulingkan pemerintah dinilai sebagai upaya makar, sehingga Angkatan Muda Demokrat (AMD) menyatakan siap mendukung dan menjadi tameng menjaga SBY sebagai kepala pemerintahan yang sah.

Wakil Ketua Umum AMD Boyke Novrizon mengatakan hal itu dslsm jumpa pers di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat.

Boy meminta kepada seluruh kader AMD baik tingkat provinsi maupun kabupaten kota se-Indonesia, beserta seluruh elemen organisasi lainnya untuk mengambil sikap tegas dan menjadi tameng utama apabila ada pihak-pihak ataupun kekuatan yang akan berniat menggulingkan pemerintahan SBY secara inkonstitusional.

"Yang ingin menyuarakan penggulingan SBY sebagai kepala negara yang sah, menurut kami adalah suatu tindakan yang inkontitusional. Makar bisa berakibat kekacauan secara sosial kepada masyarakat," tegas Boy.

Mantan aktivis mahasiswa 98 ini melanjutkan, AMD telah mengirim surat untuk mendesak Menteri Agama Suryadharma Ali dan Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo agar segera menyelesaikannya.

"Persoalan keyakinan kita minta ke Kemenag. Sedangkan soal tindakan kemanusian yang terjadi di Banten kami minta ke Polri agar segera menindak," kata Boy.

Boy menyarankan seharusnya seluruh ormas bisa meniru sikap elegan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. "Saya harap semua ormas juga bisa meniru sikap tauladan NU dan Muhammadiyah yang mengedepankan dialog dan cara-cara damai," ujaranya.

"Kami akan mengawal kebijakan pemerintah apapun  keputusannya seperti pembubaran ormas," tambah Boy.(*)
(R009/K004)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011