Jakarta (ANTARA News) - Ajang IMI Award 2011 yang akan berlangsung di Jakarta 24 Februari mendatang, selain akan memberikan penghargaan kepada insan otomotif berprestasi, juga akan memperkenalkan duta keselamatan jalan raya yakni Rifat Sungkar dan Harlan Fadillah.

Ketua Panitia Penyelenggara IMI Award 2011, Donni B Prihandana, mengatakan penunjukan Rifat dan Harlan sebagai duta keselamatan jalan raya (Duta Road Safety IMI), karena kedua pebalap itu dinilai paling berpengalaman dan populer.

"Selain itu, tahun ini IMI akan menggelar serangkaian kegiatan `road safety` mulai 11 Mei di Jakarta, bertajuk `Road Safety Goes To School`," kata Donni dalam siaran pers yang disampaikan pada ANTARA, Kamis.

"Kemudian kegiatan `road safety` akan berlanjut ke Bali pada 27 Mei, kemudian ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Juli dan September di Lampung," kata Donni.

Donni juga mengungkapkan empat rangkaian kegiatan "road safety" yang akan digelar tahun ini untuk menunjang program kerja sama Federation Internationale de l`Automobile (FIA) dengan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) bertajuk "Decade of Action for Road Safety".

"Program ini dilaksanakan untuk menekan angka kecelakaan hingga 50 persen dalam 10 tahun. Sebagai anggota FIA, tentu IMI berkewajiban berperan aktif mensukseskan program ini," jelas Donni.

Selain memperkenalkan Duta Road Safety IMI, perhelatan malam anugerah IMI Award 2011 juga terasa spesial karena ini merupakan pelaksanaan IMI Award terakhir pada masa bakti kepengurusan PP IMI di bawah Ketua Umum Juliari P Batubara.

"Untuk itu seluruh tokoh otomotif nasional termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, atlet top nasional, dan komunitas otomotif akan diundang menghadiri acara ini," papar Donni, yang juga Ketua Bidang Organisasi PP IMI.

IMI Award merupakan penganugerahan tertinggi dan bergengsi yang diberikan PP IMI setiap tahun kepada para atlet berprestasi serta kepada insan otomotif karena dedikasi dan sumbangsihnya terhadap dunia otomotif nasional.

"Selain memberikan penghargaan kepada 10 atlet terbaik nasional, PP IMI juga akan menganugerahkan `International Achievement Award` kepada atlet nasional yang sukses mengibarkan Merah Putih di arena internasional dan ?Special Achievement Award? kepada pihak sponsor yang telah memberikan sumbangsihnya terhadap dunia otomotif nasional pada 2010," ungkap Donni.

Pada malam anugerah IMI Award 2011, PP IMI akan menganugerahkan International Achievement Award kepada Rio Haryanto, Rifat Sungkar, Sean Gelael, Danzel Sofyan, Hadi Wijaya, dan Rafid Topan, Yasuo Senna dan Putra Perdana Minang. (A008/I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011