Jakarta (ANTARA) - Mitsubishi Xpander pada tahun ini merayakan usia yang keempat tahunnya di pasar mobil kelas multi purpose vehicle (MPV) Indonesia, sejak diluncurkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Selama empat tahun mengaspal, Xpander yang mengusung desain Dynamic Shield dengan tampilan wajah huruf "X" itu telah diterima konsumen Indonesia dengan angka penjualan hampir 200 ribu unit (2017-2021).

"Model Xpander termasuk Xpander Cross terus memperkuat posisi sebagai model favorit konsumen yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan konsumen Indonesia," kata Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam siaran pers, dikutip Senin.

Baca juga: Penggerak roda depan bukan kendala melibas tanjakan

Tidak butuh waktu lama bagi Xpander untuk menjadi pemain utama di segmen small-MPV. Hal itu bisa diraih berkat pengembangan maksimal dengan mendengarkan kebutuhan konsumen yang dilakukan MMKSI.

"Sejak pertama kali hadir di pasar otomotif Indonesia, Mitsubishi Xpander telah menerima antusiasme dan permintaan yang luar biasa. Kehadiran Xpander di Indonesia pun telah menorehkan sejarah terhadap bisnis Mitsubishi di Indonesia," kata Naoya Nakamura.

Beberapa faktor yang membuat Xpander diterima pasar Indonesia adalah desain yang kokoh dan stylish, interior fungsional dan mewah, layanan purnajual yang mumpuni, serta kelengkapan fitur keamanan dan kenyamanan yang disematkan pada mobil berjenis MPV itu.

Meski Indonesia mengalami pandemi COVID-19 yang turut memukul sektor otomotif, namun penjualan Xpander tetap baik berkat berbagai program penjualan yang diusung MMKSI.

Bulan lalu misalnya, Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) mendominasi kontribusi terhadap keseluruhan penjualan MMKSI lebih dari 38 persen dengan angka penjualan 8.930 unit dan pangsa pasar 13,6 persen.

Budi Dharmawan Daulay, Group Head of Regional Sales Marketing Division MMKSI mengatakan mulusnya penjualan Xpander juga didorong insentif PPnBM, di mana semua varian Xpander maupun Xpander Cross mendapat kenaikan penjualan.

"Permintaan Xpander meningkat dengan adanya insentif PPnBM. Naiknya penjualan Xpander hingga 100 persen tidak cuma terjadi di Jabodetabek, tapi juga di beberapa daerah," kata dia.

Adapun selama empat tahun berkiprah di Indonesia, Xpander berhasil menyabet belasan penghargaan dari berbagai institusi, bahkan berpredikat "Car of the Year” dari Otomotif Award dan Forum Wartawan Otomotif (FORWOT).

Baca juga: Mengulik keunggulan dan fitur kekinian Mitsubishi Xpander Cross

Baca juga: Terlengkap di kelasnya, ini keunggulan Mitsubishi Xpander

Baca juga: Xpander dan L300 dominasi penjualan MMKSI selama Agustus
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021