Jakarta (ANTARA) - Bos Tesla Elon Musk telah berbicara kepada 200 eksekutif Volkswagen (VW) melalui panggilan video setelah undangan dari CEO VW Herbert Diess, yang ingin menggembleng petinggi VW untuk poros yang lebih cepat ke kendaraan listrik (EV).

Mengutip Reuters, Minggu, komentar Musk dalam pertemuan manajer VW di Alpbach, Austria, dikonfirmasi oleh Diess melalui Twitter, termasuk pujian dari VW untuk menjadi "ikon" dan penantang terbesar Tesla.

Baca juga: VW dekati penyelesaian klaim dieselgate dengan eks CEO Winterkorn

Surat kabar Handelsblatt mengatakan bahwa ketika ditanya oleh Diess mengapa Tesla lebih gesit daripada para pesaingnya, Musk mengatakan itu karena gaya manajemennya dan bahwa dia adalah seorang insinyur, dan memiliki "mata jeli" untuk rantai pasokan, logistik, dan produksi.

Dalam sebuah unggahan di Linkedin, Diess menambahkan bahwa dia telah membawa Musk sebagai "tamu kejutan" untuk menunjukkan bahwa VW membutuhkan keputusan yang lebih cepat dan lebih sedikit birokrasi untuk apa yang dia sebut sebagai "transformasi terbesar dalam sejarah VW".

"Senang mendengar bahwa bahkan pesaing terkuat kami berpikir bahwa kami akan berhasil (dalam) transisi jika kami mendorong transformasi dengan kekuatan penuh," kata Diess di Linkedin.

Sebagai contoh kehebatan Tesla, Diess mengatakan saingannya hanya membutuhkan dua hingga tiga minggu untuk menulis ulang perangkat lunak untuk memungkinkan peralihan dari satu jenis microchip ke yang lain.

Diess mengatakan dalam cuitannya di Twitter pada hari Sabtu bahwa VW yang telah muncul sebagai pesaing utama Tesla untuk supremasi kendaraan listrik global, akan melanjutkan dialognya dengan Tesla.

"Kami akan segera mengunjungi Anda di Gruenheide," kata CEO Diess.

Ia mengatakan bulan lalu bahwa rencana pembukaan pabrik mobil Tesla di Gruenheide dekat Berlin, perusahaan pertama di Eropa, akan memaksa industri lokal untuk meningkatkan permainannya melawan pembuat kendaraan listrik AS yang tumbuh cepat.

Tesla sedang menunggu persetujuan pembangunan akhir untuk situs Jerman senilai 5,8 miliar euro (6,8 miliar dolar AS).

VW, nantinya berencana untuk membangun enam pabrik baterai besar di Eropa pada tahun 2030 sebagai bagian dari taruhan menyeluruh pada mobilitas listrik.


Baca juga: Pich Automotive tunjuk mantan CEO Vw sebagai ketua yang baru

Baca juga: Tesla targetkan produksi 5-10 ribu kendaraan seminggu di Berlin

Baca juga: Kantor pusat Tesla akan pindah dari California ke Texas

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021