Apa menunggu dulu kasusnya terjadi dengan segala risiko `chaos`lalu baru ada tindakan, atau memang ini sengaja dibiarkan karena telah ada deal-deal tertentu
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Hankam yang juga pakar politik internasional, Dr Andreas Hugo Pareira mengingatkan negara agar tidak mendiamkan pihak yang mengancam akan menggulingkan Presiden RI.

"Kalau sekarang ada sekelompok orang atau organisasi secara terbuka mengancam akan menggulingkan presiden, apakah ini bukan ancaman terhadap keselamatan Presiden sebagai simbol Negara, juga ancaman terhadap ketenteraman ketertiban masyarakat,"  katanya kepada  ANTARA di Jakarta, Kamis.

Andreas  yang juga salah satu Ketua  Puengurus Pusat Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)  menganggap "sangat keterlaluan" jika  aparat penegak hukum mendiamkan pengancam tersebut.

"Apa menunggu dulu kasusnya terjadi dengan segala risiko `chaos`lalu  baru ada tindakan, atau memang ini sengaja dibiarkan karena telah ada deal-deal tertentu," tanya Andreas.

Dia membandingkan sikap pemerintah dan aparat hukum dalam merespon para aktivis `Bendera` yang diadili dalam kasus fitnah dan pencemaran nama baik sehubungan penyebutan nama dalam kasus Bank Century.

"Kalau kita menggunakan ukuran ancaman terhadap ketenteraman masyarakat, maka ironi sekali. Yang dituduh  memfitnah  diadili  sedangkan organisasi yang mengancam menggulingkan RI-1, malah terkesan `didiamkan` ," katanya.
(M036/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011