Gorontalo (ANTARA News) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Irman Gusman beserta rombongan akan menghadiri peringatan satu dasawarsa Provinsi Gorontalo melalui Sidang Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Gorontalo di Gedung DPRD setempat, di Gorontalo, Rabu.

Rombongan yang mendampingi Ketua DPD RI Irman Gusman antara lain, Sekertaris Jenderal DPD RI Siti Nurbaya dan empat Anggota DPD RI dari Provinsi Gorontalo yakni Hana Hasanah Fadel Muhammad, Budi Doku, Rahmiyati Yahya, dan Elnino Husain Mohi.

"Saya mengapresasi undangan Gubernur dan Ketua DPRD Gorontalo," kata Irman Gusman di Gorontalo.

Kehadiran Ketua DPD RI beserta rombongan pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Gorontalo adalah salah satu agenda utama dari kunjungan kerjanya ke Provinsi Gorontalo selama tiga hari, pada 15-17 Februari 2011.

Agenda utama lainnya adalah peletakan batu pertama pembangunan kantor DPD RI Provinsi Gorontalo yang merupakan implementasi dari amanat UU No. 27 tahun 2009 tentang Susunan dan Kedudukan Anggota MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Pembangunan kantor daerah tersebut akan menjadi kantor tempat anggota DPD RI asal Provinsi Gorontalo melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai wakil daerah di daerahnya.

Ketua DPD RI juga tampil sebagai narasumber bersama Gubernur Gorontalo Gusnar Ismail pada dialog interaktif di TVRI Gorontalo yang membahas tema pembangunan daerah dalam perspektif nasional dan global.

Pada dialog tersebut, Irman antara lain mengatakan, penguatan peran DPD sebagai representasi daerah di pusat sangat penting untuk mensinergikan komunikasi pusat dan daerah sekaligus mendorong percepatan pembangunan daerah.

Pada kunjungan tersebut, Ketua DPD RI beserta rombongan juga akan memberikan kuliah umum di hadapan sivitas akademika Universitas Negeri Gorontalo.

Menurut Irman, kunjungan kerjanya ke Provinsi Gorontalo ini sangat penting untuk mendorong peningkatan pembangunan khususnya di bidang ekononoi di Provinsi Gorontalo.

"Provinsi Gorontalo merupakan provinsi ke-32 di Indonesia yang baru berdiri sejak 10 tahun lalu, tapi pada rentang waktu tersebut Gorontalo telah mencapai kemajuan signifikan," kata Irman.

Irman berharap, pembangunan di Provinsi Gorontalo akan lebih maju lagi dari yang ada saat ini.

Dengan dibangunnya kantor DPD RI Provinsi Gorontalo, Irman berharap aspirasi masyarakat setempat bisa lebih cepat direspon dan diakomodasi.(*)

(T.R024/B013)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011