Jakarta (ANTARA News) - Qualcomm Inc pada Kamis (10/2) meluncurkan prosesor dual-core terbarunya yang dirancang untuk bersaing dengan Texas Instruments dan Nvidia di pasar tablet, Nvidia telah mendominasi pasar chip pada awal 2011.

Reuters melaporkan, prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon APQ8060 telah diadopsi Hewlett-Packard Co untuk "touchpad", yang baru saja diumumkan pada Rabu (9/2).

Steve Mollenkopf, Presiden Qualcomm Group dalam sebuah wawancara mengatakan HP menyetujui untuk menggunakan prosesor Qualcomm pada 20 perangkat tabletnya.

Dia tidak memberi penjelasan tetapi dia mengatakan, "Jika kamu melihat basis pelanggan kami, mereka cenderung campuran dari produsen ponsel lama dan produsen PC lama di pasar, kami memiliki kombinasi yang bagus dari keduanya."

Saham Qualcomm naik 1,41 persen yang ditutup pada 57 dolar.

HP sangat bergantung pada tablet touchpad-nya yang akan dirilis musim panas ini, sebagian besar desainnya dibuat oleh Qualcomm.

Prosesor terbaru Qualcomm adalah Snapdragon yang dapat digunakan untuk video high-definition dan 3D.

Nvidia yang memiliki spesialisasi dalam chip grafis mendominasi desain tablet sepanjang tahun ini dengan Tegra 2. Sahamnya naik hampir 50 persen sejak akhir Desember.

Awal pekan ini, Texas Instruments mengumumkan prosesor mobile terbarunya OMAP 5. Prosesor terbaru itu merupakan prosesor dual-core untuk tablet dan pembuat ponsel. Prosesor itu direncakan dapat diuji pada paruh kedua 2011.

Tiga produsen chip 'prosesor mobile' itu mendapatkan lisensi dari Holdings ARM Inggris untuk daya energi yang hemat.

Sejauh ini, sebagian besar produsen menghindari penawaran mobile Intel chip karena kualitasnya dibawah chip PC dan memakan energi yang lebih banyak.

Intel akan meluncurkan versi terbaru awal tahun ini dan mengatakan pihaknya berkomitmen untuk pasar ponsel.

Pada Senin, perusahaan riset pasar IHS iSuppli mengatakan Chip Qualcomm juga digunakan pada iPhone 4 terbaru untuk CDMA.

(Adam/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011