Jakarta, 11/2 (ANTARA) - Menyambut ulang tahun ke-233, Museum Nasional Indonesia bersama Guangxi Museum of Nationalities China akan menggelar pameran bersama di Jakarta dan Guangxi. Dengan mengambil tema "Chinese Tradition in Indonesia Culture", pameran di Museum Nasional Jakarta akan berlangsung cukup lama dari 25 April hingga 31 Mei 2010.

     Kepala Museum Nasional, Dra. Retno Sulistianingsih, MM dalam laporannya menyebutkan, dalam pameran bersama tersebut akan dipameran koleksi Museum Nasional yang mendapat pengaruh China. Selain itu dipamerankan pula koleksi Guanxi Museum of Nationalities China.

     "Setelah pameran bersama di Museum Nasional Jakarta selesai, pameran akan dilanjutkan di Guangxi Museum of Nationalities China pada Juni 2011 mendatang," kata Retno Sulistianingsih  di Jakarta, baru-barui ini.

     Museum Nasional kerap mengadakan acara pameran bersama dengan negara sahabat dalam rangka menggalang persahabatan sekaligus menyambut ulang tahun berdirinya museum peninggalan Belanda tersebut.

     Pada Agustus 2005 lalu Museum Nasional bersama Museum Volken (RMV) Kunde Leiden, Belanda menggelar pameran bersama  dengan menampilkan koleksi unggulan mereka masing-masing. Acara pameran bersama berlangsung bergiliran dari Jakarta, Indonesia  kemudian dilanjutkan di kota Amsterdam, Belanda.

     Dengan diselenggarakannya pameran bersama tersebut selain untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat menyaksikan warisan kebudayaan Indonesia yang ada di luar negeri, juga diharapkan dapat memperkuat hubungan kedua negara.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka.Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.


Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011