Jakarta (ANTARA) - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan menggelar pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11-21 November 2021 yang boleh dihadiri pengunjung secara langsung dengan protokol kesehatan ketat.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan bahwa mereka bersama segenap anggota Gaikindo berharap pameran menjelang akhir tahun itu dapat memaksimalkan program pemerintah yakni mendorong penjualan mobil dengan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DPT).

"Kami sangat semangat menuju GIIAS di November ini, untuk terus mendorong pencapaian industri otomotif Indonesia yang telah menggeliat bangkit dengan perpanjangan PPnBM DPT, jadi dengan hadirnya GIIAS Kami harap semakin meningkatkan gairah masyarakat,” ujar Yohannes Nangoi dalam siaran pers, dikutip Selasa.

Baca juga: SUV kompak kini lebih diminati, ini alasannya

Nangoi menambahkan, pameran tahunan itu akan mengedepankan protokol kesehatan, setelah mereka mendapatkan dukungan dan rekomendasi dari Kementerian Perindustrian RI dan pemerintah setempat.

"Kesehatan masyarakat tetap utama, jadi Gaikindo akan memastikan jalannya GIIAS disertai protokol kesehatan yang ketat,” tutur Nangoi.

Gaikindo memastikan bahwa pameran itu akan diikuti sebanyak 24 jenama kendaraan, termasuk mobil penumpang dan komersial antara lain Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Hino, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Adapun kendaraan komersial yang akan unjuk diri adalah Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania

"Setelah menjalani lebih dari 1,5 tahun tanpa GIIAS, para peserta telah menyampaikan antusiasme dan rencana mereka jelang November ini, dan yang pasti akan ada banyak perkenalan produk baru dari para peserta, selain itu mobil-mobil listrik juga akan menjadi salah satu highlight di GIIAS nanti,” kata Rizwan Alamsjah, Ketua III dan Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

Rizwan memastikan bahwa kendaraan yang hadir akan mengusung teknologi terbaru, termasuk kendaraan listrik yang tidak hanya dipamerkan, melainkan bisa dicoba langsung oleh pengunjung di area test drive selama GIIAS 2021.

Untuk menyaksikan GIIAS secara langsung, pengunjung dan seluruh pihak yang hadir sepanjang pameran berlangsung harus memenuhi beberapa persyaratan prokes yang ditetapkan pemerintah.

Syarat itu antara lain dalam kondisi sehat, sudah vaksin lengkap dua dosis, terdaftar di aplikasi PeduliLindungi, selalu menggunakan masker medis, secara berkala mencuci tangan, selalu menjaga jarak, dan bagi pengunjung harus melakukan pembelian tiket secara online.

Tiket masuk GIIAS 2021 hanya tersedia di aplikasi GIIAS Auto360 dengan kehadiran pengunjung dibagi dalam tiga sesi setiap harinya guna memastikan tidak ada kerumunan pada di area pameran.

Selain itu aplikasi GIIAS Auto360 juga menawarkan tiga kemudahan antara lain exhibition hub, marketplace khusus produk otomotif, dan platform informasi industri otomotif. Seluruh proses registrasi program juga dilaksanakan melalui aplikasi tersebut, misalnya test drive, test ride, talkshow, hingga seminar.

“Kami percaya pecinta otomotif akan terus mendukung penyelenggaraan GIIAS dan industri otomotif Indonesia dengan hadir di GIIAS dan menjalankan prokes yang dibutuhkan, untuk saling menjaga dan memastikan agar selalu aman dan nyaman ke GIIAS,” tutup Rizwan.


Baca juga: Kapan Honda boyong mobil listrik ke Indonesia?

Baca juga: Gaikindo ubah jadwal GIIAS 2021

Baca juga: BMW siapkan mobil baru untuk GIIAS 2021

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021