Bandung (ANTARA News) - Tim "Maung Bandung" Persib mengakhiri rentetan kekalahan sebelumnya dengan mengalahkan Pelita Jaya Karawang 1-0 (1-0) pada lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2010-2011 di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Minggu.

Gol kemenangan Persib dicetak oleh Christian Gonzales pada menit ke-14 memanfaatkan bola pantulan dari pemain bertahan Pelita.

Kemenangan tersebut sekaligus mengakhiri paceklik kemenangan "Maung Bandung", yang pada empat pertandingan terakhir hanya mampu meraih satu angka atau seri yakni lawan Arema dalam partai yang diwarnai kerusuhan penonton.

Persib saat ini masih berada di papan bawah dengan nilai 10 hasil tiga kali menang sekali seri serta empat kali kalah.

Pada pertandingan tanpa penonton itu, baik Persib maupun Pelita Jaya tampil kurang greget dan monoton.

Persib menurunkan formasi lain dari biasanya. Empat pemain asing yakni Hilton Moriera, M Baihaki, Syahril bin Ishak dan striker Pablo Frances dibangku cadangkan. Hilton baru diturunkan pada babak kedua menggantikan Airlangga dan Pablo diturunkan menit 85 menggantikan Siswanto.

Bahkan bek Nova Aryanto, untuk pertama kalinya tidak masuk susunan pemain inti maupun cadangan meski kondisinya bugar.

Perubahan sektor belakang Persib yang diisi Maman Abdurahman, Agung Pribadi dan Wildansyah tampil cukup padu sehingga membuat aman gawang "Maung Bandung" yang dikawal kiper Dadang Sudrajat.

Di sisi lain Pelita Jaya yang dimotori kapten tim Ardan Aras mengimbangi melalui umpan-umpan terobosan ke Juan Ramirez. Satu peluang emas Pelita gagal membuahkan gol ketika tembakan bola mati Juan Ramires membentur mistar atas gawang Persib.

Babak kedua, Pelita lebih banyak mengambil inisiatif serangan, bahkan beberapa kali bek Persib, Wildansyah terkapar dalam duel satu lawan satu dengan penyerang Pelita.

Masuknya Hilton pada babak kedua memberi perubahan di lini depan Persib, meski sebuah peluang gagal dimanfaatkannya. Tembakan pemain bernomor punggung sepuluh itu pada menit ke-65 masih bisa diblok kiper Pelita Jaya, I Made Kadek Wardana.

Hingga pluit panjang dibunyikan kedudukan tetap 0-1 untuk kemenangan Persib. Wasil Oleh Hadi mengeluarkan tiga kartu kuning untuk Siswanto, Hariono (Persib) dan Ardan Aras (Pelita).

Penyisiran

Sementara itu, Panpel Persib memberlakukan aturan ketat pada pertandingan tanpa penonton itu dengan melakukan penyisiran dan mengusir para penonton yang memaksa masuk ke tribun VIP Stadion Siliwangi Kota Bandung itu.

Bahkan Ketua Panpel Persib turun langsung melakukan penyisiran dan mengusir penonton ilegal itu. Bahkan deretan sejumlah wartawan yang duduk di blok khusus juga disisir oleh Panpel Persib yang didampingi oleh PM, Provos Polri serta sejumlah panitia lainnya.

Suasana di VIP sempat tegang saat penyisiran dilakukan karena dilakukan secara tegas dan tanpa pandang bulu. Bahkan beberapa pengurus Persib Bandung Bermartabat (PBB) juga tidak luput dari pengusiran karena tidak membawa kartu identitas.

Meski pertandingan Persib melawan Pelita Jaya bukan partai hukuman, namun pertandingan dilakukan tanpa penonton.

Polrestabes Bandung hanya mengeluarkan izin pertandingan tanpa penonton sebagai akibat dari aksi kerusuhan penonton pada pertandingan Persib lawan Arema (23/1).

Susunan pemain Persib: Dadang Sudrajat (kiper), Wildansyah, M Agung Pribadi, Maman Abdurahman, Isnan Ali, Siswanto/Pablo, Hariono, Eka Ramdani/Shahril bin Ishak, Atep, Airlangga/ Hilton, Christian Gonzales. Pelatih: Daniel Roekito.

Pelita Jaya: A Made Kadek Wardana (kiper), Ardan Aras, Shibakoya, Ipan Priyanto, Ruben Sanadi, Joko Sasongko/Jajang Mulyana , Sakai, Edi Hafid, Mustofa Aji, Wolter, Juan Ramerez. Pelatih: Misha Radovic.(*)
(T.S033/Y003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011