Akses masyarakat mendapatkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi semakin dekat
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Bupati Lumajang Thoriqul Haq berharap pembangunan kampus Universitas Jember (Unej) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di kabupaten setempat.

"Hadirnya Unej Kampus Lumajang menjadikan akses masyarakat mendapatkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi semakin dekat dan mudah," katanya dalam rilis yang diterima ANTARA di Lumajang, Rabu.

Menurut dia pengembangan gedung Unej Kampus Lumajang dengan luas 10 hektare yang terletak di Kecamatan Klakah di kawasan bekas Prayuana itu adalah harapan untuk hadirnya perguruan tinggi negeri yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Lumajang untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

"Saya optimistis pengembangan Prodi Universitas Jember di Lumajang akan berdampak pada peningkatan perekonomian dan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Lumajang," tuturnya.

Baca juga: Ditjen Dikti dorong Kampus Merdeka di Unej dengan fasilitas IsDB

Baca juga: Kemendes minta perguruan tinggi aktif dampingi desa


Dengan hadirnya kampus Unej di Lumajang, lanjut dia, juga akan memberikan dampak percepatan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan kampus karena akan hadir para mahasiswa dari berbagai daerah yang akan tinggal di sekitar perguruan tinggi negeri itu.

"Diperkirakan pada 2022 mendatang Unej Kampus Lumajang telah bisa membuka pendaftaran mahasiswa baru dengan beberapa pilihan program studi yang menyesuaikan dengan sarana yang telah ada," katanya.

Ia mengatakan setiap tahun akan terus dilakukan pembangunan gedung sesuai dengan tahapan yang telah di rencanakan hingga harapannya ke depan kampus Unej di Lumajang benar benar memiliki sarana dan fasilitas yang lebih lengkap dan bisa menerima lebih banyak mahasiswa untuk kuliah di sana.

"Alhamdulillah kini progres pembangunan Gedung Unej Kampus Lumajang telah mencapai 65 persen," ucap bupati yang biasa dipanggil Cak Thoriq itu.

Baca juga: Unej paparkan inovasi KKN tematik dalam rakornas penanganan stunting

Baca juga: Universitas Jember tunda UTBK SBMPTBR 2021 saat PPKM Darurat

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021