Jakarta (ANTARA) - Festival Film Internasional Busan (BIFF) ke-26 pada Minggu (3/10) waktu setempat telah memilih sutradara legendaris Im Kwon-taek untuk menerima penghargaan “The Asian Filmmaker of the Year” atau pembuat film terbaik Asia tahun ini.

Penghargaan ini diberikan kepada pembuat film atau organisasi Asia yang telah memberikan kontribusi paling signifikan bagi kemajuan industri film Asia.

Mengutip The Korea Herald, Senin, sutradara ikonik Korea Selatan itu dipilih sebagai pengakuan atas karier produktif yang berlangsung selama enam dekade dan telah membantu mempromosikan film Asia di seluruh dunia, kata BIFF saat mengumumkan keputusan tersebut.

Penyelenggara festival mengatakan Im telah menggambarkan budaya dan nilai-nilai Korea di layar lebar melalui film-film seperti “Seopyeonje” (1993) dan “Chunhyang” (2000).

Baca juga: Film "Sinkhole" tembus 1 juta penjualan tiket

Lahir pada 1934, Im memulai debutnya sebagai sutradara pada 1962 dengan film berjudul “Farewell Duman River”. Hingga hari ini, ia telah menyutradarai 102 film, termasuk yang terbaru “Revivre” dirilis pada 2014.

Penyelenggara festival juga menekankan tentang bagaimana beragam penghargaan yang telah Im menangkan baik di Korea Selatan maupun luar negeri.

Pada 2002 pemerintah Korea menganugerahinya dengan penghargaan tertinggi di bidang budaya, “Geumgwan Order of Cultural Merit”, setelah ia memenangi sutradara terbaik di Festival Film Cannes untuk karya “Chi-hwa-seon” yang tayang pada tahun yang sama. Im adalah pembuat film pertama yang menerima “Geumgwan Order of Cultural Merit”.

Selain itu, ia juga memenangkan penghargaan Golden Bear di Festival Film Internasional Berlin pada 2005.

Untuk menghormati pencapaian sutradara Im Kwon-taek, BIFF bekerja sama dengan Universitas Dongseo akan memperpanjang jam buka Museum Film Im Kwon-taek selama festival, mulai siang hari hingga pukul 7 malam. Museum ini menampilkan karya-karya yang telah Im sumbangkan serta juga menampilkan pameran khusus tentang pencapaian dan kontribusi Im untuk industri film di Busan.

Festival Film Internasional Busan ke-26 tengah berlangsung sejak Rabu hingga 15 Oktober.

Baca juga: Sederet sineas ternama dikonfirmasi akan hadiri Festival Film Busan

Baca juga: Pembukaan Festival Film Busan akan digelar tatap muka

Baca juga: "Hostage" duduki box office Korea Selatan geser "Sinkhole"

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021