Banda Aceh (ANTARA News) - Artis film, sinetron dan presenter Cut Mini mengatakan tidak mau dicalonkan sebagai Bupati/Wakil Bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Aceh.

"Ada beberapa sahabat dan politisi yang mengajak saya bersedia menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati, tapi saya tidak bersedia dan saya tidak ingin berkecimpung dalam dunia politik," kata Cut Mini di Banda Aceh, Jumat.

Cut Mini berada di Banda Aceh untuk menjadi presenter pada peluncuran saham go publik PT Garuda Indonesia yang dihadiri sejumlah pejabat di daerah itu.

Selebriti berdarah Aceh itu mengatakan, dirinya tidak mempunyai keahlian dalam bidang politik dan pemerintahan. Ia hanya mau berkonsentrasi di dunia entertaiment.

"Saya tidak punya guru yang mengajari politik, guru saya banyak di bidang hiburan," kata putri pasangan alm T Usman Abdullah dan Cut Dermawan itu.

Aktris yang mempunyai nama lengkap Cut Mini Theo berharap masyarakat Aceh di masa yang akan datang dapat hidup lebih makmur dan sejahtera.

Aktris Terbaik Festival Film Independen Internasional di Brussel, Belgia, 2009 juga berharap seluruh masyarakat Aceh untuk menyuskseskan pesta demokrasi yang akan di mulai tahun depan.

Pada akhir tahun 2011 Komisi Independen Pemilihan (KIP) provinsi Aceh telah merencanakan untuk melaksanakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota di 17 kabupaten/kota.

Pilkada Aceh berbeda dengan daerah lain. Di Aceh diatur dengan qanun (perda) yang merupakan amanat UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh (UUPA).

Sedangkan daerah lain, berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2008 tentang perubahan kedua UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah.(*)
(T.KR-IRW/S019/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011