Jakarta (ANTARA) - Dari sekian banyak pilihan sport utility vehicle (SUV), Wuling Almaz RS yang berani menyuguhkan mobilitas gaya baru berkelas premium melalui teknologi semi-otonom Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang membuat penggunanya merasa aman dan nyaman.

Pengguna dari kalangan komunitas Almaz RS terkesan dengan nilai dan cara mengemudi baru yang ditawarkan Wuling, yakni melibatkan teknologi semi-otonom pada WISE.

WISE merupakan bagian dari Internet of Vehicle (IoV) yang menghubungkan pengguna dengan mobilnya melalui aplikasi MyWuling+. Salah satu bagian dari WISE adalah Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang menjadi favorit pengguna Wuling.

ADAS terbagi dalam empat kategori. Pertama, Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA). Kedua, Lane Recognition dengan dukungan Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Baca juga: Mengenal inovasi terbaru yang hadir di Wuling Almaz RS

Kategori ketiga meliputi Safe Distance & Braking Assistance dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Adapun kategori keempat adalah Automatic Light pada Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Yusuf asal Jakarta misalnya, ia terkesan dengan Wuling Almaz RS dengan fitur ADAS Traffic Jam Assist dan Lane Keeping Assist untuk mengarungi kepadatan lalu lintas Ibu Kota Jakarta.

"Saya memilih Almaz RS dikarenakan harga yang kompetitif di kelasnya, ditambah adanya fitur canggih ADAS. Fitur ini sangat berguna untuk saya yang tinggal di Jakarta, terutama saat di jalan tol atau kemacetan dengan fitur Traffic Jam Assist dan Lane Keeping Assist," kata Yusuf dalam siaran pers, Sabtu.

"Saya merasa ADAS tidak hanya membuat perjalanan menjadi mudah dan nyaman namun berkendara menjadi lebih aman dengan berbagai fitur-fiturnya," kata dia.

Verry Iskandar dari Bekasi juga menilai fitur ADAS sangat mendukung keamanan dan keselamatan mengemudi, terutama pada teknologi Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist, dan Traffic Jam Assist.

Pengguna Almaz lainnya, Adam dari Jakarta, menilai bahwa fitur yang disediakan Wuling sangat fungsional dalam mobilitas sehari-hari.

Baca juga: Harga baru Wuling Almaz RS

“Saat berada di tol, 90 persen saya menggunakan fitur ini, dikarenakan sangat memudahkan saya saat di perjalanan. Sejauh ini saya sangat puas dengan fitur ini," kata Adam. “Saya selama beberapa bulan sudah berkendara bersama keluarga saya menggunakan Almaz RS, dan ADAS membantu memberikan rasa aman selama berkendara.”

Fitur lain yang menjadi favorit pengguna Almaz RS adalah Lane Recognition yang meliputi Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA) guna memberikan koreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman, serta memberikan peringatan saat mobil keluar lajur.

"Favorit saya merupakan Lane Recognition yang mana sangat membantu saya untuk selalu aware dengan marka jalan, serta memudahkan saya saat berkendara di jalan Tol dan tentunya mendukung keselamatan berkendara," ujar Ignatius Raditya – Bekasi

Fitur kelas premium
Berbagai fitur dapat diatur aplikasi MyWuling+ dengan Internet of Vehicle (HO).


Ragam fitur dan teknologi WISE dan ADAS pada Wuling Almaz RS dinilai setara dengan mobil sejenis di kelas premium. Saat ini di Indonesia, hanya Almaz RS yang menyediakan teknologi semi-otonom lengkap melalui WISE dan ADAS.

Baca juga: Bedah fitur Almaz RS EX, SUV canggih harga mulai Rp350 jutaan

"IoV dan ADAS adalah alasan saya tertarik dengan Almaz RS, di mana biasanya fitur-fitur sejenis hanya ada di mobil-mobil premium. Khususnya ADAS, pada saat berkendara di jalan tol saya sangat puas dengan kenyamanannya dan tentunya mendukung keselamatan berkeluarga," kata Christian Tanuwijaya asal Jakarta.

Senada dengan Christian, pengguna Almaz RS asal Tangerang M Riza mengatakan bahwa salah satu alasannya meminang mobil itu adalah fitur yang berlimpah.

“Selain memudahkan proses berkendara, menurut saya, ADAS juga merupakan fitur yang Wuling sematkan untuk mendukung keselamatan dalam berkendara,” kata dia.

“Fitur canggih selalu menjadi pilihan dalam saya memilih mobil. Di Almaz RS ini ada ADAS yang membuat berkendara jadi lebih mudah dan menyenangkan. Khususnya Traffic Jam Assist (TJA) sangat membantu saya melewati di situasi kemacetan Jakarta," tambah pengguna Almaz RS asal Jakarta, Kian Ping.

Dengan subsidi PPnBM dari Wuling, harga OTR Jakarta untuk Almaz RS EX 5-seater adalah Rp350,8 juta, Almaz RS EX 7-seater Rp360,3 juta, dan Almaz RS Pro 7-seater Rp379,8 juta.

Baca juga: Wuling perpanjang masa PPnBM 100 persen hingga akhir September

Baca juga: Wuling Cortez Type L padukan kelengkapan fitur dan harga kompetitif

Pewarta: A069
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021