Jakarta (ANTARA) - California akan mewajibkan semua kendaraan otonom ringan untuk merilis emisi nol mulai tahun 2030, demikian dikutip The Verge, Sabtu.

Pada hari Kamis, Gubernur Gavin Newsom menandatangani undang-undang yang disponsori oleh kelompok lingkungan yang pada akhirnya akan melarang kendaraan otonom bertenaga gas dan hibrida beroperasi di negara itu.

Itu merupakan langkah terbaru Newsom untuk membatasi penjualan dan penggunaan kendaraan mesin pembakaran internal di tengah upaya yang lebih luas mengendalikan emisi gas rumah kaca.

Baca juga: Startup swakemudi Aeva rekrut Tim Willis mantan pekerja Apple

Baca juga: Perusahaan China Baidu dapat lampu hijau uji mobil swakemudi di AS


Tahun lalu, gubernur menandatangani dua perintah eksekutif, satu mewajibkan semua truk dan van komersial yang dijual di negara bagian tersebut menjadi nol-emisi mulai tahun 2045 dan yang lainnya mewajibkan penjualan kendaraan penumpang nol-emisi pada tahun 2035.

California adalah negara bagian pertama di AS yang melarang penjualan hampir semua kendaraan berbahan bakar fosil di perbatasannya.

Setidaknya 15 negara bagian telah mengikuti jejak negara bagian tersebut, dengan meloloskan langkah-langkah serupa yang akan diterapkan pada truk berat, van, dan bus.

California adalah pasar kendaraan terbesar di AS, dengan hampir 15 juta kendaraan terdaftar di jalan.

Kendaraan otonomhanya menyumbang sebagian kecil dari jumlah total, tetapi beberapa ahli memperkirakan jumlah tersebut akan bertambah seiring kendaraan otonom menjadi lebih mampu dan perusahaan bergerak untuk mengkomersialkan penggunaannya.

Kelompok lain telah menyatakan kekhawatiran bahwa kendaraan otonom dapat mengantarkan era lalu lintas dan polusi yang lebih banyak lagi, terutama jika harga kendaraan otonom lebih murah daripada transportasi umum.

California adalah titik nol untuk pengujian kendaraan otonom di AS, dengan lebih dari 50 perusahaan berlisensi mengoperasikan kendaraan otonom untuk tujuan pengujian di negara bagian tersebut.

Beberapa perusahaan memegang izin untuk menguji kendaraan yang sepenuhnya tanpa pengemudi, dan sejumlah kecil perusahaan lainnya disetujui untuk mengambil dan menurunkan penumpang sebagai bagian dari layanan robotaxi komersial.

Kendaraan otonom yang terdaftar di California menempuh jarak sekitar 1,99 juta mil dalam mode otonom di jalan umum pada tahun 2020.

Dua perusahaan yang melakukan sebagian besar pengujian itu, Waymo dari Alphabet dan Cruise yang didukung GM, keduanya mengoperasikan kendaraan listrik sepenuhnya sebagai bagian dari armada mereka.

Waymo menggunakan SUV Jaguar I-Pace, serta minivan Chrysler Pacifica non-listrik, meskipun perusahaan tersebut menolak untuk mengatakan dengan tepat berapa banyak dari setiap kendaraan yang dimilikinya.

Cruise secara eksklusif menggunakan Chevy Bolt, kendaraan yang saat ini sedang mengalami penarikan besar-besaran karena beberapa baterainya terbakar.

"Kami berterima kasih atas kepemimpinan California dalam memastikan ini akan menjadi standar industri," kata Prashanthi Raman, kepala urusan pemerintahan global di Cruise, dalam sebuah pernyataan.

“Industri kendaraan otonom siap memimpin jalan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca di kota-kota, dan itulah sebabnya kami mengoperasikan armada tanpa emisi listrik sepenuhnya sejak awal," tambah dia.

Kelompok lingkungan memuji Newsom karena menandatangani RUU itu menjadi undang-undang. Persatuan Ilmuwan Peduli, yang membantu mensponsori undang-undang tersebut, mengatakan itu adalah kebijakan cerdas untuk memastikan bahwa kendaraan tanpa pengemudi tidak berkontribusi pada masalah perubahan iklim.

Baca juga: FAW kerahkan 100 mobil pintar Hongqi untuk uji swakemudi

Baca juga: Huawei belum ingin produksi mobil swakemudi

Baca juga: Toyota investasi ke perusahaan rintisan percepat kendaraan swakemudi
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021