Jakarta (ANTARA) - Hyundai dan Kia mencatatkan hasil yang gemilang di pasar Amerika Serikat (AS), setelah kedua perusahaan asal Korea Selatan itu mencatat adanya kenaikan niaga dua kali lipat pada Agustus dibandingkan dengan tahun lalu.

Dikutip dari Yonhap, Kamis, menurut data dari Industri wilayah setempat, capain itu terjadi karena banyaknya permintaan terhadap kendaraan dari tipe sport hybrid yang memang banyak digemari di Amerika.

Hyundai dan Kia menjual 8.312 mobil ramah lingkungan gabungan di AS pada Agustus, melonjak 124,4 persen dari tahun sebelumnya, menurut data mereka.

Penjualan mobil ramah lingkungan Hyundai melonjak 245,4 persen menjadi 5.817 unit pada Agustus, jauh melampaui kenaikan Kia 23,5 persen menjadi 2.495 unit selama periode tersebut.

Kendaraan-kendaraan itu meliputi, varian hybrid SUV Hyundai Tuscon yang menjadi model terlaris di segmennya dengan laku terjual sebanyak 1.965 unit.

Model ramah lingkungan lainnya termasuk kendaraan listrik (EV) dan kendaraan listrik sel bahan bakar (FCEV) yang ditenagai oleh hidrogen.

Kedua pembuat mobil bersama-sama telah menjual 69.446 kendaraan ramah lingkungan dalam delapan bulan pertama tahun ini, naik 192,6 persen dari 23.733 unit dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Hyundai Motor Group, produsen mobil terbesar kelima di dunia, akan terus berfokus untuk masuk ke pasar kendaraan yang lebih ramah lingkungan di AS, dengan menghadirkan model listrik penuh yang dilengkapi dengan platform khusus.

Hyundai Motor akan meluncurkan SUV Ioniq 5 di AS akhir tahun ini, sementara Kia berencana untuk meluncurkan SUV EV6 di pasar tahun depan.

Baca juga: Hyundai manfaatkan robot Spot awasi keselamatan kerja pabrik

Baca juga: Bahlil: Saat ini momentum terbaik bangun baterai kendaraan listrik

Baca juga: Hyundai sementara tutup pabrik karena krisis semikonduktor

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021