Las Vegas (ANTARA News) - Microsoft untuk pertama kalinya menunjukkan Windows versi tablet yang akan mendukung sebuah "system on a chip", tetapi kata "tablet" hampir tidak muncul.

Reuters melaporkan Microsoft memperlihatkan Windows baru yang belum diberi nama itu dalam konferensi pers kejutan pada Consumer Electronics Show di Las Vegas Rabu (5/1). System on a chip, disebut SoC, merupakan komponen utama komputer, seperti motherboard dan CPU, dan meletakkannya dalam chip silikon yang tipis. Chip itu bisa menyesuaikan diri dalam perangkat kecil seperti tablet.

Steven Sinofsky, presiden Microsoft untuk divisi Windows menekankan bahwa dia tidak berbicara mengenai "faktor-faktor bentuk atau alat penghubung pengguna." Malahan, "ini lebih teknis, dibawah selubung melihat Windows," kata dia.

Anehnya, pembicaraan mengenai tablet itu hanya berlangsung dalam beberapa menit. Faktanya kata itu hanya disebutkan sekilas. Sinofsky dan siaran pers Microsoft malah terus menunjuk pada Windows baru "mendukung perangkat keras jenis baru, arsitektur SoC, yang akan menggerakkan perangkat generasi selanjutnya.

"Tak ada yang mengabaikan peluang. Kami sudah mewujudkannya dengan Windows 7 pada tablet. Kami dalam proses melakukan hal yang kami bicarakan," kata CEO Steve Ballmer kepada para analis pada pertemuan bulan Juli.

Sinofsky menunjukkan bahwa kebutuhan sistem perangkat keras dua kali lipat dengan setiap rilis baru Windows hingga Windows 7, dimana kebutuhan pertama kalinya sedikit turun.

"Itu baik-baik saja sampai perangkat mulai mengecil. Bahkan dengan netbook, ada pertanyaan mengenai apakah kita harus kembali ke Windows XP. Sekarang kita mampu menjejalkan begitu banyak kemampuan dalam satu chip tunggal, kecil," kata Sinofsky.

Sinofsky menunjukkan Windows generasi selanjutnya berjalan pada "platform" SoC dari beberapa rekan: AMD, Intel, Nvidia, Qualcomm, ARM dan Texas Instruments.

Demo itu memperlihatkan Windows baru menjalankan video HD (High Definition) pada layar HD, dengan akselerasi perangkat keras HTML5 dan grafis.

Microsoft juga mengumumkan versi 2.0 dari komputer tablet Surface layar sentuh, yang sekarang lebih tipis dan menggunakan sensor infra merah sebagai ganti kamera.

Dalam sesi tanya jawab, Sinofsky menolak menjawab beberapa pertanyaan mengenai Windows 7 Mobile dan apa yang dimaksud Windows generasi selanjutnya dengan telepon seluler.

"Seperti yang saya katakan, saat ini kita tidak berbicara mengenai faktor-faktor bentuk. Saya tidak membuat pangilan apa pun pada hal itu."

(ENY/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011