Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak tiga kabupaten dan kota, yakni Kota Pangkal Pinang, Kabupaten Bangka Tengah dan Kota Depok, sudah menyelesaikan kompetisi Liga Pendidikan Indonesia (LPI) sehingga berhak maju ke tingkat provinsi musim 2010/2011.

"Tercatat sudah tiga kabupaten dan kota yang sudah selesai," kata Ketua Penyelenggara LPI, Toho Cholik Mutohir, didampingi Sekretaris Penyelenggara LPI, Edi Prasetyo, di Jakarta, Rabu.

Untuk kota Pangkal Pinang, menurut dia, yang keluar sebagai juara adalah MTsN Pangkal Pinang dan SMAN 2 Pangkal Pinang. Adapun di Kabupaten Bangka Tengah  SMPN 1 Lubuk Besar dan SMKN Pangkalan Baru jadi juara, sedangkan di Kota Depok yang keluar sebagai juara adalah SMPN 10 Depok dan SMKN 1 Depok.

Selanjutnya, menurut Toho, pemenang tingkat kabupaten dan kota itu akan melaju ke tingkat provinsi pada 2 Mei 2011.

"Untuk tingkat nasional akan digelar pada Juni hingga Juli," ujarnya.

Panitia LPI mencatat, ada enam kabupaten/kota yang akan segera menggelar kompetisi. Enam daerah itu adalah Kota Kediri, Kota Probolinggo, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sijunjung, Semarang dan Kota Tangerang Selatan.

LPI merinci, 76 kabupaten dan kota menggelar kompetisi pada Januari 2011, dan ada 57 kabupaten dan kota menggelar pada Februari 2011, serta 73 kabupaten dan kota menggelar pada Maret 2011, kemudian ada sembilan kabupaten dan kota melaksanakan pertandingan pada April 2011.

"Namun, sebanyak 17 kabupaten dan kota sudah menyatakan tidak menggelar kompetisi karena berbagai alasan," katanya.

Hinggga kini, menurut dia, total sekolah yang terlibat LPI adalah 540 SMP/SMA dengan jumlah 1080 siswa.

Ketika ditanya wartawan berapa pemain yang lolos untuk seleksi timke Uruguay tahun ini, Edy menyatakan, ada sembilan mantan pemain LPI yang ikut seleksi.

"Sembilan pemain itu berasal dari Sumbar, Serang, Tangsel, Musi banyuasin dan Bangkalan," katanya.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011