Jakarta (ANTARA News) - Ada optimisme pada industri teknologi informasi saat dunia memasuki tahun 2011.

Salah satu alasan optimisme itu adalah pada pasar keamanan jaringan global yang diperkirakan bergairah di tahun ini, demikian perkiraan IDC seperti dikutip itnews.com.

IDC menaksir bahwa tahun ini pasar keamanan jaringan akan tumbuh ke level prakrisis ekonomi global lalu.

Pasar keamanan jaringan global --yaitu perangkat keras dan piranti lunak yang fungsionalitasnya termasuk firewalls, VPNs, pelindung dan pendeteksi gangguan serta keamanan multiguna yang dikenal sebagai manajemen ancaman terintegrasi-- diperkirakan meraup pemasukan 8,16 miliar dolar AS pada 2011.

Angka ini 8,1 persen lebih besar dibandingkan pendapatan tahun 2010 yang tercatat mencapai 7,54 miliar dolar AS, demikian prediksi IDC sampai November lalu.

Jumlah pasti selama 2010 memang masih dihimpun, namun 2010 dianggap sebagai tahun stabilisasi pendapatan bagi industri keamanan jaringan setelah tahun 2009 yang mengkhawatirkan karena turun hampir satu peran dari setahun sebelumnya menjadi 7,16 miliar dolar AS.

Taksiran IDC menegnai pasar keamanan jaringan ini menunjukkan bahwa piranti lunak akan tumbuh lebih cepat dibandingan perangkat keras dan bahwa solusi berbasis piranti lunak akan mengambil lebih dari 26 persen pangsa pasar total sampai 2014 saat di mana pasar diprediksi mencapai 9,5 miliar dolar AS.

Tetap saja, perangkat berbasis "hardware" diperkirakan tumbuh menjadi 6,58 miliar dolar AS pada 2011, dan meningkat lagi menjadi 7 miliar dolar AS pada 2014.

IDC juga menaksir pendapatan keamanan jaringan akan tumbuh karena dorongan penjualan solusi hipervisor untuk virtualisasi, dari sekitar 256,1 juta dolar AS pada 2011 menjadi 13,3 juta dolar AS pada 2014.

Sebagai tambahan, "software" sebagai layanan --yaitu tipe keamanan di mana manajemen keamanan jaringan tetap-- diperkirakan akan membrikan pendapatan pasar sebebsar 170,2 juta dolar AS pada 2011 atau tumbuh menjadi 259,4 juta dolar pada 2014.

Prediksi IDC tak menyebut mana vendor keamanan jaringan yang paling top tahun ini, namun hanya mengindikasikan bahwa Cisco berada di puncak tahun lalu, disusul Check Point, Juniper, McAfee dan IBM.(*)

itnews.com/jafar

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011