Jakarta (ANTARA) - Hyundai dikabarkan telah menyebarkan robot Spot di pabrik mereka untuk mengawasi keselamatan kerja karyawan di lokasi perakitan.

Sebagai percontohan, robot layanan keselamatan pabrik yang didasarkan pada robot berkaki empat Boston Dynamic, Spot, mulai dioperasikan di pabrik anak perusahaannya Kia Corp di Gwangmyeong, barat daya Seoul.

Dikutip dari Yonhap Senin, ini adalah proyek pertama yang diluncurkan antara kedua perusahaan setelah grup otomotif pada Juni menyelesaikan akuisisi US$880 juta dari konglomerat Jepang Softbank.

Dalam kinerjanya, Hyundai Motor mengatakan robot tersebut mampu secara otomatis menavigasi pabrik dengan bantuan unit pemrosesan kecerdasan buatan, teknologi teleoperasi, dan sensor lainnya.

Dalam klip video Youtube, anjing robotik itu dapat naik turun tangga untuk menavigasi pabrik Kia yang kosong setelah gelap dan memeriksa apakah peralatan panas atau pintu terbuka.

Hyundai Motor mengatakan akan mengumpulkan data dari proyek percontohan untuk mengoptimalkan kinerja robot dan menerapkannya di berbagai lokasi industri.

Grup otomotif itu telah bekerja dengan perusahaan robotika yang berbasis di Boston untuk mengembangkan robot industri, dan mendukung solusi smart factory dan smart mobility.

Baca juga: Hyundai Indonesia bersama Boston Dynamic hadirkan robot pintar "Spot"

Baca juga: IPB gandeng Udinus bangun robot pemanen melon

Baca juga: Nuro akan bangun pabrik dan jalur uji coba di Nevada
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021