Jakarta (ANTARA News) - Kepadatan pengunjung kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur diperkirakan akan berlangsung sampai Minggu (2/1), kata Manajer Informasi TMII, J. Purnawijaya Alibasa.

"Kepadatan pengunjung kami perkirakan akan terjadi juga besok selain hari ini," ujarnya, di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, Minggu (2/1) merupakan hari terakhir liburan sekolah sehingga diperkirakan akan terjadi pembludakan pengunjung.

Dalam dua hari libur tahun baru, pihaknya memperkirakan jumlah pengunjung TMII akan membludak sampai tiga kali lipat dibandingkan pada masa libur lainnya.

"Masa tahun baru adalah peak season kami dari tahun ke tahun," katanya.

Namun, tahun ini jumlah pengunjung diperkirakan lebih banyak dibandingkan liburan tahun baru 2010.

Sejak loket dibuka pada pukul 07.00 WIB hingga Sabtu siang, TMII kebanjiran lebih dari 50.000 pengunjung. Padahal pada hari-hari biasa, areal wisata tersebut hanya dikunjungi rata-rata 7.000 orang.

Kepadatan arus lalu lintas terjadi di dalam dan di sekitar pintu utama TMII sehingga pihaknya bekerja sama dengan aparat kepolisian setempat berikut personel TNI untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan yang akan keluar masuk areal TMII.

Lalu lintas terpantau padat merayap hingga sore hari dari arah TMII sampai perempatan depan Tamini Square mengarah ke Pondok Gede.

"Persiapan untuk pengamanan dan penertiban sudah kami lakukan jauh-jauh hari sebelumnya," katanya.

Wahana TMII yang menjadi favorit pengunjung di antaranya Snow Bay, Museum Air Tawar, Taman Burung, Istana Anak Indonesia, dan kereta gantung.

Wahana-wahana itulah yang sejak pagi hingga siang tadi diantre oleh pengunjung hingga panjang antreannya.
(T.H016/M012/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011