Jakarta (ANTARA) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan model pengembangan dari Terios yang telah dilengkapi dengan teknologi "Eco Idle".

Kepala Divisi Tes dan Validasi Research and Development ADM Yasuo Sahashi mengatakan fitur "Eco Idle" berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis ketika kendaraan berhenti untuk beberapa saat, sehingga konsumsi bahan bakar dapat lebih hemat.

"Yang baru dari Terios sekarang adalah 'Eco Idle', ketika (kendaraan) berhenti mesinnya mati, jadi konsumsi bahan bakarnya disetop supaya lebih hemat," kata Sahashi dalam acara virtual.

Baca juga: Terios dan Xenia inden panjang imbas penurunan produksi ADM pada Juli

Sahashi mengklaim fitur ini telah dites di berbagai medan jalan di beberapa kota, dan hasilnya mampu menghemat bahan bakar hingga 10 persen.

"Eco Idle ini bekerja ketika speed-nya nol, kemudian shift-nya di D dan remnya diinjak," ujar dia.

Sahashi memastikan teknologi ini aman digunakan. Ketika di tanjakan yang sudut kemiringannya melebihi lima derajat, fitur Eco Idle tidak akan berfungsi.

"Jadi di tanjakan kita sudah memperhitungkan ('Eco Idle') tetap bekerja tapi hanya maksimum lima derajat supaya konsumen tidak khawatir mundur mobilnya," ucap dia.

Baca juga: Daihatsu "recall" 97.290 Xenia-Terios bermasalah fuel pump

Lebih lanjut Sahashi menjelaskan bahwa fitur ini juga tidak akan berpengaruh terhadap kinerja AC. Ketika mesin mati, kata dia, blower AC akan bekerja untuk menjaga suhu.

Namun, saat suhu di dalam kabin melebihi 22 derajat Celcius, maka mesin akan otomatis hidup dan kompresor AC kembali menyala sehingga suhu di dalam kabin tetap terjaga.

Sahashi mengatakan fitur "Eco Idle" dapat dinonaktifkan secara manual.

Selain "Eco Idle", Daihatsu baru ini juga memiliki tambahan fitur Vehicle Stability Control (VSC) untuk mengontrol mobil agar tidak understeer dan oversteer serta Hill Start Assist (HSA) untuk mencegah mobil mundur saat di tanjakan.

Baca juga: Daihatsu resmi luncurkan All New Terios

Terios "Eco Idle" hadir dalam tiga pilihan tipe. Tipe X MT dibanderol Rp205,1 juta sedangkan X AT dijual Rp224,3 juta.

Tipe R MT dihargai Rp234,5 juta, sementara R AT dijual Rp243,7 juta. Tipe tertinggi R Custom MT dibanderol Rp246,4 juta, sedangkan R Custom AT ditawarkan dengan harga Rp255,6 juta.

Harga tersebut telah disesuaikan dengan diskon pajak penjualan barang mewah ditanggung pemerintah (PPnBM DTP) 100 persen.

Baca juga: Daihatsu catat kenaikan penjualan retail 36,2 persen

Baca juga: Daihatsu kenalkan fitur "ASA dan D-CVT" Rocky kepada komunitas

Pewarta: F017
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021