Jakarta (ANTARA) - Pada semester pertama 2021, Honda Prospect Motor membuat kejutan dengan mengenalkan Honda City Hatchback sebagai estafet Honda Jazz yang berpredikat salah satu hatchback ikonis di Indonesia. 

Hadirnya Honda City wajah baru seharga Rp307 juta (M/T) dan Rp317 juta (CVT) itu memperkuat eksistensi Honda di kelas hatchback yang lekat dengan mobilitas dan gaya hidup anak muda. Melalui mobil ini, Honda juga mengajak konsumen memasuki level baru berkendara hatchback dengan konsep "Elevate Your Style" dan fitur yang kekinian alias "cutting edge."

ANTARA berkesempatan menjajal Honda City Hatchback RS di wilayah Jabodetabek sejauh 320 kilometer selama lima hari. Melalui test drive itu terangkum setidaknya empat keunggulan utama Honda City Hatchback, antara lain:

Desain kental nuansa sporty
Honda City Hatchback RS (ANTARA/Alviansyah Pasaribu)


Honda memvisualisasikan Honda City Hatchback RS dengan karakter sporty yang kuat, terlihat pada garis desain yang tegas dan tidak terputus mulai dari ujung lampu depan hingga ke sisi belakang.

Baca juga: Honda ungkap spesifikasi NSX Type S

Baca juga: FIFGroup Fest tawarkan potongan tenor 5 kali untuk motor Honda


Ornamen hitam glossy pada front upper grille, side door mirror, shark fin antenna, dan 16 inci sporty alloy wheels memperkuat visualisasi sporty yang ditonjolkan Honda pada City Hatchback RS. Sedangkan rear bumper with diffuser, fog garnish, front bumper lower mesh grille membuat mobil ini tampil atraktif.

Kentalnya nuansa sporty juga terlihat pada desain secara keseluruhan, di mana mobil ini memang sepenuhnya berstatus hatchback tulen. Berbeda dengan zaman di mana Jazz dan City berbagi platform hatchback dan small sedan.

Wajah yang meruncing dengan bonnet yang panjang nan menunduk serta body ramping menjadi nilai atraktif Honda City Hatchback RS, berbeda dengan Honda Jazz versi terakhir yang cenderung gemuk atau bulat dengan bonnet pendek.

Secara umum, soal desain memang kembali ke selera masing-masing orang. Namun yang patut diapresiasi adalah Honda memberikan tampilan eksterior yang lebih sporty dan atraktif pada City Hatchback RS, sekaligus mempertebal sisi kenyamanan penumpangnya.

Interior cantik dan lega
Honda City Hatchback RS (ANTARA/Alviansyah Pasaribu)


Nilai tambah City Hatchback RS terlihat pada desain interior yang menawan dan lega. Warna hitam mendominasi kelir pada dalam kabin mobil ini, namun dihias dengan corak mewah pada jahitan kulit di setir, lining pintu, tuas persneling, meter kluster hingga kursi.

Kemudian, tata letak fitur-fitur pada dashboard dibuat praktis dan cenderung memudahkan pengemudi. Kendati demikian, penempatan head unit, panel AC dan fitur lainnya tetap dibuat berjarak sehingga tidak terlihat menumpuk.

Sorotan lain pada kabin City Hatchback RS adalah mekanisme dive down pada ULTRA Seat dengan empat opsi pengaturan untuk menciptakan ruang kabin yang lega untuk membawa berbagai jenis barang, bahkan sangat memungkinkan bagi penumpang untuk beristirahat di dalam mobil.

Kelapangan ruang kabin tersebut membuat pengemudi dan penumpang tidak cepat lelah saat berperjalanan cukup jauh dengan lalu lintas yang macet.
Ruang kabin lapang Honda City Hatchback RS (ANTARA/Alviansyah Pasaribu)


Fitur dan Teknologi

City Hatchback RS menawarkan fitur yang lebih canggih dari Jazz, misalnya Rear View Camera multi sudut dengan tiga tampilan, normal view untuk melihat kondisi belakang mobil, wide view untuk melihat kondisi belakang mobil dengan sudut pandang lebih lebar kiri dan kanan, serta top view untuk melihat di bagian bawah mobil.

Terdapat juga remote engine start untuk menyalakan mesin mobil dari jauh sebelum memasuki mobil. Hal itu bermanfaat untuk menciptakan suhu kabin yang sejuk sebelum memulai perjalan, terutama setelah mobil diparkir di ruang terbuka.

Baca juga: Toyota & Honda kritik wacana insentif pajak EV bagi serikat pekerja AS

Adapun fitur lainnya yang juga sangat berguna adalah Sporty Meter Cluster with Red Accent yang didukung Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio 8 inci yang terkoneksi ponsel pintar (iPod atau iPhone, Android) serta ditunjang audio berkualitas 8-speaker.

Head Unit itu mampu menampilkan peta, fitur hiburan dan layar kamera. Pengguna juga bisa terkoneksi dengan aplikasi perpesanan yang bisa dibacakan oleh sistem jika Anda sedang mengemudi sehingga perjalanan menjadi lebih aman.

Selain itu, ada juga fitur One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition.

Sedangkan pada sisi keselamatan, Honda melengkapi City Hatchback dengan rangka G-CON + ACE™, 6 airbags, ABS, EBD + BA, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan). City Hatchback RS diperkuat sistem keamanan Smart Key-Keyless Entry, Immobilizer dan Alarm System.

Performa, handling dan suspensi
Honda City Hatchback RS (ANTARA/Alviansyah Pasaribu)


Honda City Hatchback RS yang bertransmisi CVT dan 6 M/T didukung mesin 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW yang membuat performanya mencapai 121PS/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm. Kinerja itu merupakan yang terbesar di kelasnya.

Saat dipacu, akselerasi Honda City Hatchback RS langsung terasa sejak ujung kaki menyentuh pedal gas. Meski tidak menghitung waktu akselerasi untuk mencapai 100km/jam, namun respons mobil dirasa responsif untuk menuruti kemauan pengemudinya.

Artinya, Anda tak perlu menginjak gas dalam-dalam untuk mendapatkan performa mobil ini.

Tenaga yang dihasilkan juga terasa saat hatchback ini menanjak di jalur puncak dengan kondisi mobil terisi empat penumpang. Sedangkan torsi yang padat juga terasa saat mobil ini melaju di habitatnya, perkotaan.

Nilai lebih mobil ini dibandingkan Jazz adalah handling yang lebih cepat dan presisi. Hal itu mungkin mengikuti karakter suspensinya yang lembut, dengan ayunan yang nyaman saat menghantam permukaan jalan yang tak rata. Karakter ini membuat Honda City Hatchback RS cocok digunakan untuk mobilitas sehari-hari.
 
Honda City Hatchback RS (ANTARA/Alviansyah Pasaribu)


Baca juga: HJC mulai gelar "Virtual Expo Honda"

Baca juga: Honda gelar kontes modifikasi motor online

Baca juga: Honda, Yamaha, KTM hingga Piaggio teken konsorsium pertukaran baterai

Pewarta: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021