Dumai (ANTARA News) - Sejumlah tempat wisata di Malaka, Malaysia, Sabtu (25/12), ramai dikunjungi oleh warga Indonesia yang hendak memberikan dukungan kepada tim nasional sepak bola Indonesia menghadapi tuan rumah di final Piala AFF 2010 Minggu malam (26/12).

Seorang warga Indonesia asal Bengkalis, Riau, Agus, ditemui ANTARA di Museum Cheng Ho Malaka mengatakan bahwa kunjungannya ke tempat penyimpanan benda-benda bersejarah itu hanyalah aktivitas sampingan sebelum menyaksikan laga leg pertama timnas Indonesia melawan Malaysia.

"Kita datang ke sini sambilan sebelum nonton Timnas di Stadion Bukit Jalil," kata pria berprofesi pegawai negeri sipil ini.

Hal serupa juga dikatakan Rafi, warga Indonesia asal Pekanbaru, Riau, yang ditemui di Taman Mini Malaysia yang terletak sekitar beberapa kilometer di pinggir Kota Melaka.

"Ini pertama kali saya ke Malaysia. Untuk itu saya nggak mau meninggalkan kesempatan kunjungan saya yang sebenarnya ingin menonton Tim Indonesia," paparnya.

Rafi menerangkan, ia tiba di Malaka sejak Jumat (24/12) bersama dengan tiga orang teman pria yang juga berasal dari Kota Pekanbaru.

"Kita datang ke sini menggunakan Feri Dumai Express," ucap pria yang masih mahasiswa Universitas Riau ini.

Ia menerangkan, keberangkatan dengan menggunakan transportasi laut menuju Malaka sebelumnya memang sudah direncanakan.

Hal tersebut dilakukannya adalah untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata yang ada di Malaka sebelum kemudian menyaksikan Timnas di Bukit Jalil.

"Setelah Taman Mini, rencananya kita akan lanjutkan jalan-jalan ke Kuala Lumpur untuk melihat Menara Kembar dan berbelanja," terangnya.

Pantauan ANTARA di dua tempat wisata andalan Malaysia itu tampak dipadati pengunjung yang merupakan laki-laki dan perempuan dewasa. Beberapa diantaranya juga remaja, bocah, dan balita.

(KR-FZR/A020/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010