Jakarta (ANTARA News) - Jumlah pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur pada Sabtu tampak membludak hingga 30.000 pengunjung karena bertepatan dengan perayaan Natal dan liburan panjang anak sekolah.

Antrean puluhan kendaraan mobil pribadi dan bus terlihat di sepanjang jalan utama TMII dan kendaraan sepeda motor di berbagai anjungan-anjungan, sehingga menyebabkan kemacetan, serta terdapat ribuan pengunjung yang memadati di berbagai tempat hiburan di TMII.

"Jumlah pengunjung kali ini berbeda dengan jumlah pengunjung pada hari-hari sebelumnya, hari ini jumlahnya membludak hingga pukul 15.00 WIB mencapai 30.000 pengunjung, dan diperkirakan hingga sore hari bertambah hingga 40.000 pengunjung lebih," kata Gunawan Wibisono, Asisten Manajer TMII, di Jakarta.

Ia menjelaskan, meningkatnya jumlah pengunjung TMII  bbertepatan dengan perayaan Natal dan liburan panjang anak sekolah, sehingga banyak masyarakat yang berlibur ke TMII bersama keluarga untuk merayakan Natal dan liburan.

Menurut dia, pada hari biasa jumlah pengunjung TMII hanya mencapai 10.000 pengunjung, dan diakhir pekan bisa mencapai 30.000 pengunjung..

Ia megemukakan, TMII pada liburan Natal dan liburan anak sekolah atau Pekan Desember dari tanggal 25 Desember 2010 hingga 1 Januari 2011 menargetkan jumlah pengunjung mencapai 400.000 pengunjung.

"Pada Pekan Desember ini TMII menargetkan jumlah pengunjung mencapai 400 ribu pengunjung, karena pada pekan tersebut bertepatan dengan perayaan Natal, liburan anak sekolah dan Tahun Baru 2011," ujarnya.

Pada perayaan Natal, TMII menggelar Misa pada malam dan pagi hari perayaan Natal untuk umum, serta TMII merayakan Natal untuk keluarga besar TMII dan umum pada tanggal 28 Desember 2010 di Sasana Langen Budoyo.

Sementara itu, Haris, salah satu pengunjung TMII asal Bekasi, mengatakan alasan berkunjug ke TMII untuk berlibur bersama keluarga dan merayakan Natal.

"Saya berkunjung ke TMII untuk berlibur bersama keluarga sekaligus merayakan Natal," katanya.
(T.ANT-135/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010